Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Kompetitif Dan Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Rm Ayam Bakar Wong Solo

Nuari, Pramuditya Gama (2021) Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Kompetitif Dan Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Rm Ayam Bakar Wong Solo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang mampu berkembang dengan baik di tengah persaingan bisnis penyedia makanan dan minuman, dengan peningkatan jumlah penjualan yang berkaitan dengan keputusan konsumen melakukan pembelian. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah status halal yang dimiliki oleh produk yang dikeluarkan perusahaan, harga kompetitif, serta pendapatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Kompetitif, dan Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Ayam Bakar Wong Solo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah seluruh konsumen Ayam Bakar Wong Solo yaitu berjumlah 3731. Sampel diperoleh melalui teknik incidental sampling dan jumlahnya diperoleh melalui rumus Slovin sebanyak 100 orang konsumen sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi berganda logistic (multiple logistic regression). Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Sertifikasi Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Ayam Bakar Wong Solo, artinya jika suatu produk yang ditawarkan memiliki sertifikat halal maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk tersebut dan sbealiknya, 2) Harga Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Ayam Bakar Wong Solo, artinya harga produk yang ditawarkan meningkat maka keputusan pembelian konusmen juga ikut meningkat dan sebaliknya, 3) Pendapatan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Ayam Bakar Wong Solo, artinya jika pendapatan konsumen tinggi maka keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh juga meningkat dan sebaliknya

English Abstract

Restaurant Ayam Bakar Wong Solo in Malang had been able to develop well in the midst of competition in the business of providing food and beverage, with an increase in the number of sales related to consumer decisions to make purchases. One of the important factors that influence purchasing decisions is the halal status of the products issued by the company, product prices, dan consumer income. This study aims to determine the effect of halal certification, product prices, and consumer income on purchasing decisions at Ayam Bakar Wong Solo. This research using a quantitative research, with the research population is all consumers of Ayam Bakar Wong Solo in Malang, amounting to 3731. The sample was obtained through incidental sampling technique and the number was obtained through the Slovin formula as many as 100 consumers as the sample. Collecting data using questionnaire techniques, and data analysis using multiple logisyic regression. The research have result that: 1) Halal Certification has a positive and significant effect on Purchasing Decisions at Ayam Bakar Wong Solo, meaning that if a product offered has a halal certificate it will increase consumer purchasing decisions for the product and vice versa, 2) Product prices have a positive and the prices of the products offered increasem so consumer purchasing decisions also increase and vice versa, 3) Consumer income has a positive and significant effect on purchasing decisions at Ayam Bakar Wong Solo, meaning that if consumer income is high, consumer purchasing decisions for the product offered by them also increase and vice versa.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020160
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Harga, Pendapatan, Keputusan Pembelian, Halal Certification, Price, Income, Purchase Decision
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:35
Last Modified: 24 Feb 2022 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188034
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PRAMUDITYA GAMA NUARI_155020500111035 -.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item