Kinerja Termal Rumah Vernakular Suku Osing

Wahyu Hidayat, Avief and Ir. Agung Murti Nugroho,, ST., MT., Ph.D (2021) Kinerja Termal Rumah Vernakular Suku Osing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Di masa sekarang rumah vernakular Suku Osing hanya bisa ditemui di beberapa desa adat di Banyuwangi. Kemajuan teknologi dan konstruksi banyak menggeser rumah vernakular sebagai hunian di kalangan masyarakat Banyuwangi. Salah satu faktor vital yang membuat perbedaan antara rumah tinggal masa kini dan rumah vernakular Suku Osing adalah kenyamanan termal yang tercipta. Rumah vernakular Suku Osing banyak dinilai tidak praktis dalam mengendalikan kinerja termal di dalam rumah dibandingkan dengan rumah masa kini. Fakta tersebut tidak dapat dihiraukan, meskipun rumah vernakular Osing bisa dikategorikan sebagai bangunan yang memiliki prinsip ekologi dimana material-materialnya sangat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya, tetapi tetap saja masyarakat modern sekarang kebanyakan sudah enggan untuk hidup di lingkungan dengan kondisi yang bersifat tradisional tersebut. Sebagai upaya untuk menjaga salah satu kebudayaan yang dimiliki Masyarakat Osing, serta untuk menjaga nilai-nilai filosofi yang sangat erat dengan hubungan kekeluargaan, diperlukan sebuah adaptasi sehingga bisa membangkitkan kembali Rumah Vernakular Osing sebagai hunian masyarakat yang didasarkan pada prinsip-prinsip lingkungan termal alami rumah vernakular tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data visual bangunan dengan observasi langsung. Sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data kinerja termal di dalam serta di luar ruang dengan melakukan pengukuran langsung di lapangan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah masih ada elemen bangunan rumah vernakular Suku Osing yang bisa berpengaruh dalam menurunkan suhu dan kelembapan di dalam ruang. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa masih terdapat beberapa elemen pada rumah vernakular Suku Osing yang bisa membantu menurunkan suhu dan kelembapan di dalam ruangnya. Dengan kesimpulan tersebut maka kita mengetahui elemen dan karakter apa pada rumah vernakular Suku Osing yang bisa dikembangkan lagi, sehingga rumah ini bisa mendapatkan kenyamanan termal yang lebih baik lagi dan sesuai dengan kondisi di masa sekarang. "

English Abstract

At this time, vernacular houses of Osing Tribes can only be found in a certain traditional village in Banyuwangi. Technology and construction advance had replaces the vernacular houses as the residence of Banyuwangi people. One of the vital factors that make the differences between modern houses and vernacular houses is the thermal comfort created. Many people judges that Osing vernacular house is impractical to control the thermal performance. This fact can’t be ignored, even though this vernacular house can be categorized as a building that has ecological principles, still people are now reluctant to live in traditional environmental conditions. As an effort to maintain one of the cultures owned by osing people, an adaptation is needed so that it can revive the Osing Vernacular house back as a people residence based on the principles of natural thermal environment of the house. This research is using qualitative and quantitative methods. The qualitative methods used to collect the visual data of the house with an observation. While the quantitative data is used to get natural performance data both indoor and outdoor by taking field measurement. The purpose of this research is to find out wether there is an element of the Osing vernacular house that can effect the deacrese level of indoor temperature and humidity. The result of this research is concluding that there are some element of the Osing vernacular house which can reduce the level of indoor temperature and humidity. With that conclusion, so we know what element and character of the vernacular house which can be further developed, so that this vernacular house able to create the better thermal comfort and suitable for the present and future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 600 Technology (applied Sciences)
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:37
Last Modified: 23 Feb 2022 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186028
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_AVIEF WAHYU HIDAYAT_175060501111041 - avief wahyu.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item