"Implementasi Pengembangan Ekonomi Lokal Dalam Pembentukkan Klaster Belimbing Di Kabupaten Blitar (Studi Kasus Pada Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar) "

Nugraha, Nadia Sukma (2021) "Implementasi Pengembangan Ekonomi Lokal Dalam Pembentukkan Klaster Belimbing Di Kabupaten Blitar (Studi Kasus Pada Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar) ". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi saat ini banyak menuntut pemerintah untuk mengembangan ekonomi pada suatu daerah. Kabupaten Blitar memiliki potensi yang sangat banyak, dimana potensi unggul yang banyak dilihat potensi komoditas belimbing. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dan menganalisis proses dan dampak pembentukan klaster belimbing di Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer didapatkan langsung dari informan penelitian melalui wawancara yang dilakukan oleh peneliti, data primer ini dijadikan data utama dalam penelitian. Data kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil yang didapat menunjukan Proses pembentukan Pengembangan ekonomi lokal (PEL) di Desa Pojok yang dibentuk oleh pemerintah dalam suatu organisasi disebut dengan Klaster Patria. Forum ini berfungsi sebagai wadah bagi pemerintah untuk memformulasikan kebijakan ekonmi Jawa Timur.PEL dengan mengangkat potensi lokal berupa tanaman buah belimbing di Desa Pojok memiliki peranan yang baik untuk masyarakat. Dampak ekonomi yang terjadi dengan adanya Klaster Patria adalah klaster ini dapat membantu masyarakat sekitar untuk menambah penghasilan mereka dan mengurangi pengangguran karena mampu menyerap tenaga kerja di Desa Pojok. Koordinasi dalam bentuk kerjasama antara klaster Patria dengan stakeholder sangat di perlukan proses pembentukan dan pengembangan Klaster Patria tergantung dari stakeholder

English Abstract

The purpose of this study is as follows to find out and analyze the process and impact of the formation of star fruit cluster in Blitar Regency. In this study, researchers will use qualitative descriptive research methods. Primary data obtained directly from research informants through interviews conducted by researchers, primary data is used as the main data in the study. Data were then analyzed using descriptive qualitative data analysis. The results obtained indicate that local economic development (PEL) in the Pojok Village formed by the government in an organization is called the Patria Cluster. This forum serves as a forum for the government to formulate East Java's economic policy. Pel by raising local potential in the form of star fruit in Pojok Village has a good role for the community. The existence of the Patria Cluster can help the surrounding community to increase their income and reduce unemployment because it is able to absorb labor in the Pojok Village.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Klaster, Belimbing, Implementasi, Cluster, Starfruit, Implementation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 02:21
Last Modified: 24 Feb 2022 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185702
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NADIA_SUKMA_NUGRAHA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item