PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN FALOAK (Sterculia quadrifida R.Br) TERHADAP PROLIFERASI DAN EKSPRESI SUPEROKSIDA DISMUTASE (SOD) SEL KANKER SERVIKS

Citra, Nur (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN FALOAK (Sterculia quadrifida R.Br) TERHADAP PROLIFERASI DAN EKSPRESI SUPEROKSIDA DISMUTASE (SOD) SEL KANKER SERVIKS. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kanker dalam pengertian sederhana adalah sel yang tumbuh terus menerus secara tidak terkendali, tidak terbatas, dan tidak normal (abnormal).Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada area serviks atau leher rahim. Kanker serviks terjadi karena adanya HPV (Human Papiloma Virus) dan faktor lain karena adanya stres oksidatif. Stres Oksidatif terjadi karena ketidakseimbangan ROS dan antioksidan tubuh (SOD). Selain itu, SOD1 diekspresikan secara berlebihan dalam kanker dan bahwa peningkatan ekspresi SOD1 dapat meransang proliferasi sel kanker.Tatalaksana umum perawatan kanker serviks selain pembedahan adalah kemoterapi.Daun Faloak (Sterculia quadrifida R.Br) dilaporkan memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin, saponin dan terpenoid yang di duga senyawa tersebut memiliki manfaat sebagai pengobatan antikanker.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etil asetat daun faloak (Sterculia quadrifida R.Br) dan paclitaxel terhadap penurunan proliferasi sel dan penurunan ekspresi SOD1 pada sel Kanker Serviks.Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan post test only with kontrol group design.Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa semua kelompok perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelompok positif.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: S2/S3 > Magister Kebidanan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 23 Oct 2021 09:03
Last Modified: 23 Feb 2022 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185517
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TESIS_FK_NUR CITRA_196070400111035 - NUR CITRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item