Pengaruh Dividen, Profitabilitas, dan Solvabilitas, Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Alamsyah, Fahrizal (2021) Pengaruh Dividen, Profitabilitas, dan Solvabilitas, Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan fungsi manajemen keuangan merupakan hal yang penting dilakukan oleh pengelola perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Tinggi rendahnya nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktorfaktor tersebut mencakup kebijakan dividen, profitabilitas, dan solvabilitas. Apabila fungsi manajemen keuangan dilaksanakan secara tepat maka perusahaan akan lebih mudah mencapai tujuannya untuk memaksimalkan nilai perusahaan dan mensejahterakan para investor atau pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pengaruh dividen yang signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) menjelaskan pengaruh profitabilitas yang signifikan terhadap nilai perusahaan, 3) menjelaskan pengaruh solvabilitas yang signifikan terhadap nilai perusahaan, dan 4) menjelaskan pengaruh dividen, solvabilitas, dan profitabilitas secara simultan terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Beberapa kriteria digunakan untuk menentukan sampel dan diperoleh 31 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang dipakai ialah analisis deskriptif yang berisi distribusi butir dari masing-masing variabel. Analisis selanjutnya ialah analisis regresi linier berganda yang dipakai untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil uji regresi linier berganda didapat nilai F hitung sejumlah 7.024 dengan probabilitas 0.000. Nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi yang dipakai, yakni 5%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dividen, profitabilitas, dan solvabilitas memberikan pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis regresi selanjutnya menunjukkan bahwa dua variabel independen, yakni profitabilitas (ROA), dan solvabilitas (DER) sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, nilai perusahaan (PBV) masing-masing tingkat signifikansinya senilai 0,000; dan 0,001. Variabel lainnya, dividen (DPR) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap variabel nilai perusahaan (PBV), dikarenakan tingkat signifikansinya senilai 0,936 lebih tinggi daripada tingkat signifikansi yang dipakai, yakni 0,050 (5%).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Dividen, Profitabilitas, Solvabilitas ,
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 23 Oct 2021 05:52
Last Modified: 24 Feb 2022 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185370
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fahrizal Alamsyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item