EVALUASI PENGGUNAAN OBAT ANTIBIOTIK PADA PASIEN PENYAKIT JARINGAN PULPA DAN PERIAPIKAL DI POLI GIGI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DI MALANG

Nur Elistin, Riana (2021) EVALUASI PENGGUNAAN OBAT ANTIBIOTIK PADA PASIEN PENYAKIT JARINGAN PULPA DAN PERIAPIKAL DI POLI GIGI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DI MALANG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Resistensi antibiotik merupakan salah satu fokus perhatian terkait penggunaan antibiotik, terutama jika penggunaan dan/atau peresepan tidak rasional. Di kesehatan gigi, antibiotik digunakan pada kasus-kasus jaringan pulpa dan periapikal, namun tidak banyak laporan evaluasi rasionalitas terapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan antibiotik pada pasien penyakit jaringan pulpa dan periapikal yang merupakan 10 besar masalah kesehatan di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pengumpulan data secara retrospektif menggunakan 96 data rekam medik pasien penyakit jaringan pulpa dan periapikal di Poli Gigi RS Pendidikan di Malang periode Januari-Desember 2019. Pedoman Evidence Based ADA digunakan sebagai acuan evaluasi antibiotik. Hasil evaluasi menunjukkan penggunaan antibiotik rasional sebanyak 79,17% dan penggunaan antibiotik tidak rasional sebanyak 20,83%. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional disebabkan peresepan antibiotik tanpa ada indikasi (Gyssens V), peresepan antibiotik yang bukan lini pertama (Gyssens IV), dan peresepan yang tidak sesuai dengan kekuatan sediaan yang ditetapkan, interval pemberian (Gyssens II) dan/atau durasi yang lebih pendek dari yang ditetapkan oleh pedoman (Gyssens III). Hasil evaluasi kuantitatif, antibiotik yang masuk dalam segmen DU 90% adalah amoxicillin dengan nilai 781,25 DDD/1000 patient days dan cefadroxil dengan nilai 195,31 DDD/1000 patient days. Antibiotik yang masuk segmen DU 10% adalah cephalexin (156,25 DDD/1000 patient days) dan metronidazol (39,06 DDD/1000 patient days). Disarankan, untuk antibiotik DU 90%, amoxicillin dan cefadroxil, perlu pemeriksaan kultur sensitivitas dan resistensi berkala, terkait dengan efikasi terapi dan pengendalian resistensi antibiotik, selain untuk perencanaan dan pengadaan obat selanjutnya di instalasi farmasi. Kata kunci : pulpa, periapikal, antibiotik, evaluasi, rasionalitas, "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052106
Uncontrolled Keywords: pulpa, periapikal, antibiotik, evaluasi, rasionalitas, "
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: agung
Date Deposited: 21 Oct 2021 14:25
Last Modified: 24 Feb 2022 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184745
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Riana Nur Elistin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item