Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction Kurosame Berbasis Android Bunpou Jlpt N4.

Radjendra, Angga Ardhinata and Febi Ariani Saragih ,, S.Pd., M.Pd. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction Kurosame Berbasis Android Bunpou Jlpt N4. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dapat dipelajari di Indonesia.. Seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang juga memiliki ujian kebahasaan yaitu JLPT. Pada prodi Pendidikan Bahasa Jepang diwajibkan memiliki setifikasi JLPT N4 untuk mengikuti mata kuliah P4. Namun dikarenakan adanya kendala dalam belajar bahasa Jepang, terutama pada segi tata bahasa. Maka dari itu pengembang membuat aplikasi untuk membantu mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang. Media yang dikembangkan ini memiliki fungsi sebagai sumber belajar, manipulatif dan psikologis. Jenis Media yang dikembangkan adalah jenis media multimedia interaktif dengan sistem operasi android dan berisikan materi bunpou JLPT N4. Rancangan pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini adalah mix method yang mempadukan kualitatif dan kuantitatif. Lalu menggunakan model ADDIE karena susunan dari model ini sangat sesuai dengan pengembangan yang dikembangkan. Sumber data dari pengembangan ini adalah dua validator dan 10 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang yang dikumpulkan dengan angket terbuka dan tertutup. Lalu di analisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari dua validator dan 10 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang dalam pengembangan media KuroSame, memiliki persentasi yang cukup untuk menyatakan bahwa media KuroSame sudah layak digunakan. Pada validator media mendapat presentase 62% yang berarti media ini sudah layak untuk digunakan namun masih harus memperhatikan bagian visual agar dapat menarik minat pengguna. Pada validator materi mendapat 85% yang berarti materi pada media sudah cukup baik, dan dapat ditambah dengan materi – materi lain, mengingat bahwa media masih dalam wujud demo.

Other obstract

日本語はインドネシアで学べる外国語で、英語同様、日本語能力試験は 日本語能力試験です。日本語教育研究プログラムは、P4 コースを受講するため にJLPT N4 認定を受ける必要があります。しかし、特に文法の面で、日本語の 学習に障害があるためです。したがって、開発者は日本語教育の学生を支援する ためのアプリケーションを作成します。開発されたメディアは、学習、操作、心 理的な情報源としての機能を備えています。開発されたメディアのタイプは、 Android オペレーティングシステムを備えたインタラクティブマルチメディアメ ディアのタイプであり、JLPT N4 bunpou 素材が含まれています。 この開発で使用される開発設計は、定性的および定量的を組み合わせた 混合方式です。次に、このモデルの配置は開発された開発と非常に互換性がある ため、ADDIE モデルを使用します。この開発のデータソースは、2 人の検証者と 10 人の日本語教育学生で、オープンおよびクローズドアンケートで収集されま

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120030
Uncontrolled Keywords: Android Studio, JLPT N4, Computer Assisted Intruction, Bunpou.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Bambang Septiawan
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:10
Last Modified: 15 Jun 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183777
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angga Ardhinata Radjendra 0520120030.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item