BKG

Resmitasari, Ayu (2020) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi KRL Access Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PT Kereta Commuter Indonesia memiliki sebuah aplikasi KRL Access yang dirancang dengan tujuan dapat membantu serta memudahkan para pengguna KRL Jabodetabek untuk mendapatkan informasi terkait jadwal keberangkatan kereta, rute yang dilalui kereta, hingga tarif harga yang harus dibayarkan menuju tempat yang diinginkan. Namun, sesuai dengan penelitian sebelumnya dan melakukan beberapa observasi serta wawancara ulang terhadap pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi yang dilakukan oleh peneliti, akan tetapi hasil penelitian yang dilakukan masih ditemukan adanya permasalahan usability pada aplikasi KRL Access. Hasil permasalahan pengalaman pengguna aplikasi yaitu terdapat fitur-fitur menu yang disediakan tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, bahkan ada menu yang tidak dapat digunakan sama sekali. Agar tujuan dan manfaat dari adanya KRL Access dapat terpenuhi sesuai dengan rencana, maka hasil observasi dan wawancara terkait pengalaman pengguna dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki sistem yang ada guna mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode usability testing untuk mengetahui permasalahan penggunaan apa saja yang dialami saat menggunakan aplikasi KRL Access dan user experience questionnaire untuk mengetahui kepuasaan pengalaman pengguna KRL Access. Evalusi usability testing menghasilkan 11 permasalahan yang diujikan oleh peneliti kepada pengguna. Dari total 11 permasalahan usability testing, hasil rata-rata pengujian sebesar 48.3 maka sistem termasuk kategori “Not Acceptable” yang ditemukan banyak sekali permasalahan ketidakjelasan fitur menu sehingga perlu memahami lebih lanjut. Sedangkan permasalahan user experience questionnaire diperoleh nilai di bawah rata-rata dan tergolong netral yaitu antara -0.042 sampai 0.013 yang ditemukan masalah penilaian pengalaman pengguna terhadap KRL Access adalah pada tampilan antar muka yang tidak menarik. Rekomendasi perbaikan terdiri atas beberapa saran perbaikan yakni perbaikan desain antarmuka pengguna, perbaikan fungsionalitas, serta perbaikan informasi.

English Abstract

PT Kereta Commuter Indonesia has a KRL Access application designed with the purpose of being able to assist and facilitate the users of the Jabodetabek KRL to get information related to the schedule of the train departure, route through the train, until the tariff price to be paid to the desired place. However, according to previous research and do some observations and re-interviews to the user experience while using the application conducted by the researcher, but the results of the research conducted still found a usability problem in KRL Access application. The result of application user experience is that there is a menu features that provided can not run according to the function, there is even a menu that can not be used at all. For the purpose and benefit of the existence of KRL Access can be fulfilled according to the plan, the observation results and interviews related to the user experience can be used as a reference to improve the existing system in order to get the expected results. This research is done by utilizing the usability testing method to determine what use problems are experienced when using KRL Access application and user experience questionnaire to know the satisfaction of KRL Access user experience. Evaluation of usability testing resulted in 11 problems that researchers tested to the users. Of the total 11 usability testing problems, the average result of testing was 48.3 and the system included the category "Not Acceptable" which found a lot of the problem of menu obscurity to understand more about it. While the problem of user experience questionnaire obtained below-average values and classified as neutral between-0042 to 0.013 which is found the problem of user experience assessment against KRL Access is in an unattractive interface view. Repair recommendations consist of some improvement suggestions i.e. user interface design improvements, functionality improvements, and information repair.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150068
Uncontrolled Keywords: Evaluasi usability, usability, usability testing, user experience, user experience questionnaire, aplikasi mobile, Evaluasi usability, usability, usability testing, user experience, user experience questionnaire, aplikasi mobile
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.019 Psychological principles / Human-computer interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183642
Text
Ayu Resmitasari.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item