BKG

Widagda K., I Gst Ngurah Jaya Agung (2018) Pengaruh Citra Koperasi, Kepuasan Anggota Dan Nilai-Nilai Adat Terhadap Kepercayaan Anggota (Studi Pada Koperasi Di Bali). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah secara mendalam pengaruh Citra Koperasi, Kepuasan Anggota dan Nilai-Nilai Adat terhadap Kepercayaan Anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivis, pengumpulan data menggunakan metode survei, terlebih dahulu melakukan indepth interview dengan tokoh adat setempat serta pakar budaya untuk menggali indikator dari variabel Nilai-Nilai Adat lokal Bali. Populasi adalah anggota koperasi yang beragama Hindu dan masih aktif bertransaksi 1-2 kali dalam 1 bulan. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling anggota koperasi yang berada di 9 Kabupaten dan Kota di Bali. Metode analisis data menggunakan SmartPls v. 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Koperasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Anggota. Citra Koperasi berpengaruh terhadap Kepuasan Aanggota dan Kepuasan Anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Anggota. Kepuasan Anggota memediasi secara partial pengaruh Citra Koperasi terhadap Kepercayaan Anggota. Nilai-nilai Adat Lokal Bali memoderasi pengaruh Citra Koperasi pada Kepercayaan Anggota. Temuan penelitian membuktikan bahwa Nilai-nilai Adat Lokal Bali yang tertanam dalam diri anggota koperasi mampu memperkuat pengaruh Citra Koperasi terhadap Kepercayaan Anggota. Keterbatasan penelitian ini adalah bahwa Nilai-Nilai Adat Lokal yang terdapat dalam model ini belum meliputi seluruh nilai adat yang hidup di masyarakat Bali.

English Abstract

The aim of this research is to examine the effect of cooperative image, satisfaction and custom values on the trust of members. This research uses Positivis approach, collecting data using survey method, first doing indepth interview with local custom figures and cultural experts to explore the variables of local customs values of Bali. The population is a member of hindu cooperative and still actively transact 1-2 times in 1 month. Samples were taken using accidental sampling technique of cooperative members located in 9 regencies and cities in Bali. Method of data analysis using SmartPls v.3 The results confirms that the cooperatives’ image has a positive significant effect on members’ trust. Cooperative image has an effect on member satisfaction and member satisfaction have positive and significant influence to member trust. Satisfaction Members mediate partially cooperative image relation to Member Trust. Bali Local Customary Values moderate the influence of the Cooperative Image on Members' Trust. The research finds that Balinese’s traditional values upheld by cooperative members have moderating effect on the relationship between cooperative image and members’ trust. Its limitation lies on very limited number of traditional values, thought it is considered already representative, other values merit mentioning in future research.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.047/WID/p/2018/061808816
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVES
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.04 Management of enterprises of specific forms > 658.047 Cooperatives
Divisions: S2 / S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183440
Text
I Gst Ngurah Jaya Agung Widagda K.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item