BKG

Khair, Nahdyatul (2020) Efektivitas Promosi Wiyata Island Tour and Travel Terhadap Banyaknya Pengunjung di Pulau Pramuka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pulau Pramuka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Pulau Seribu Utara dan Kelurahan Pulau Panggang. Pulau Pramuka banyak dikunjungi oleh wisatawan karena terdapat beberapa kegiatan wisata seperti wisata edukasi dan wisata religius. Banyaknya wisatawan yang senang berkunjung ke Pulau Pramuka karena tersedianya fasilitas yang lengkap dengan akses sarana dan prasarana yang cukup mudah. Sehingga banyaknya agen wisata yang menawarkan jasa dan paket wisata ke Pulau Pramuka, salah satunya adalah Wiyata Island Tour and Travel. Wiyata Island Tour and Travel merupakan salah satu Tour and Travel yang menawarkan fasilitas biro perjalanan wisata alam yang efektif, efisien, dan praktis. Hal tersebut membuat Wiyata Island Tour and Travel perlu merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi persaingan jasa agen wisata yang semakin ketat. Strategi pemasaran yang dilakukan berupa promosi paket wisata untuk menunjukkan tercapai atau tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Sehingga diperlukannya efektivitas promosi oleh Wiyata Island Tour and Travel agar tercapainya sasaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi paket wisata Pulau Pramuka yang diminati, (2) Mengidentifikasi bentuk promosi Wiyata Island Tour and Travel, (3) Menganalisis pengaruh promosi media online terhadap efisiensi promosi Wiyata Island Tour and Travel. Data yang digunakan dalam penlitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara dengan pemilik dan pemandu wisata Wiyata Island Tour and Travel sedangkan data sekunder diperoleh dari website Wiyata Isaland Tour and Travel, dan dari studi literatur. Ukuran minimum sampel yang diambil berdasarkan teori Ferdinand dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis SEM-PLS untuk mengetahui efektivitas promosi Wiyata Island Tour and Travel, serta untuk mengetahui banyaknya pengunjung yang menggunakan jasa Wiyata Island Tour and Travel. Pengolahan data menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Paket wisata Pulau Pramuka Wiyata Island Tour and Travel terdiri dari 9 paket wisata. Paket wisata yang menjadi unggulan pada Wiyata Island Tour and Travel adalah paket wisata lengkap camping selama 2 hari 1 malam. (2) Bentuk promosi yang berperan bagi Wiyata Island Tour and Travel adalah promosi online dengan media promosi website, instagram dan facebook. (3) Berdasarkan hasil uji SEM-PLS dapat diketahui bahwa pengaruh media sosial facebook berpengaruh signifikan terhadap informasi kelompok referensi. Sedangkan variabel instagram dan website berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian informasi kelompok referensi dan keputusan berkunjung berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Secara mediasi yang berpengaruh signifikan adalah variabel instagram terhadap tingkat kepuasan pengunjung melalui keputusan berkunjung. Sehingga dapat dikatakan bahwa media sosial Instagram sangat berpengaruh efektif dalam mempromosikan paket wisata Pulau Pramuka dari Wiyata Island Tour and Travel.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150249
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.078 Secondary industries and services > 343.078 91 Secondary industries and services (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183167
Text
Nahdyatul Khair (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item