Analisis Pengaruh Belanja Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Di Indonesia (Studi Kasus 33 Provinsi Di Indonesia)

Primawan, Muhammad Indra (2020) Analisis Pengaruh Belanja Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Di Indonesia (Studi Kasus 33 Provinsi Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia, selama beberapa tahun terakhir ini, telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan stabil. Namun pertumbuhan ini terindikasi masih diwarnai eksklusivitas, terlihat dari permasalah yang terjadi pada pengangguran, pemerataan pendapatan, dan rasio gini di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari belanja pemerintah melalui 33 Provinsi di Indonesia, yang diwakili rasio Belanja Daerah Fungsi Ekonomi terhadap Belanja Total, rasio Belanja Daerah Fungsi Pendidikan terhadap Belanja Total, rasio Belanja Daerah Fungsi Kesehatan terhadap Belanja Total, dan rasio Belanja Daerah Fungsi Perlindungan Sosial terhadap belanja total, terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif yang diwakili Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif (IPEI). Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan model Fixed Effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio Belanja Daerah Fungsi Ekonomi terhadap Belanja Total tidak berpengaruh signifikan terhadap IPEI. Sedangkan rasio Belanja Daerah Fungsi Pendidikan terhadap Belanja Total dan rasio Belanja Daerah Fungsi Kesehatan terhadap Belanja Total berpengaruh positif signifikan terhadap IPEI. Sedangkan rasio Belanja Daerah Fungsi Perlindungan Sosial terhadap belanja total berpengaruh signifikan akan tetapi dengan arah pengaruh negatif terhadap IPEI.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020151
Uncontrolled Keywords: belanja daerah fungsi ekonomi, belanja daerah fungsi pendidikan, belanja daerah fungsi kesehatan, belanja daerah fungsi perlindungan sosial, pertumbuhan ekonomi inklusif, ipei.
Subjects: 300 Social sciences > 339 Macroeconomics and related topics > 339.5 Macroeconomic policy > 339.52 Use of fiscal policy > 339.522 Government spending
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Feb 2021 15:36
Last Modified: 12 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183125
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Indra Primawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item