BKG

Kurniantoro, Lukman Hakim (2020) Literatur Review: Pengaruh Pemberian Fotoperiode yang Berbeda terhadap Tingkat Kelulushidupan dan Laju Pertumbuhan Benih Ikan Budidaya Air Tawar serta Potensinya terhadap Ikan Wader Pari (Rasbora argyrotaenia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tujuan dari literatur review ini adalah memberikan informasi mengenai pengaruh pemberian fotoperiode yang berbeda terhadap tingkat kelulushidupan dan laju pertumbuhan benih ikan budidaya air tawar dan bagaimana penerapan metode beberapa penelitian terdahulu, serta memberikan pemahaman potensi penerapan fotoperiode terhadap ikan wader pari. Literature review ini menggunakan metode systematic literature review. Sumber pustaka dari beberapa database resmi dengan penggunaan literatur internasional dan nasional adalah 60:40, terbitan tahun 2010-2020 dan mengutamakan yang memilki ISSN (International Standart Serial Number). Ikan pembanding berasal dari famili Cyprinidae, Chiclidae, Chanidae, dan Claridae. Metode yang umum digunakan penelitian terdahulu meliputi aklimatisasi ikan uji, setting (akuarium, alat penunjang, lampu), sampling (1 atau 2 minggu sekali), perawatan harian (pemberian pakan, penyifonan, pengukuran kualitas air) dengan masa pemeliharaan 45-90 hari. Fotoperiode memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kelulushidupan, laju pertumbuhan spesifik, daily feed intake,dan feed convertion ratio dimana hasil tersebut mengikuti ritme sirkadian ikan. Ikan diurnal menunjukan tingkat kelulushidupan dan laju pertumbuhan yang lebih baik pada perlakuan fotoperiode panjang (12-24 jam), dan sebaliknya ikan nokturnal pada perlakuan fotoperiode pendek (0-12 jam). Fotoperiode tidak memberikan pengaruh terhadap kualitas air (suhu, pH, DO). Ikan wader pari merupakan ikan Cyprinidae yang bersifat diurnal. Metode fotoperiode memilki potensi meningkatkan tingkat kelulushidupan dan laju pertumbuhan ikan wader pari. Fotoperiode panjang (12-24 jam) berpotensi meningkatkan kelulsuhidupan dan pertumbuhan.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080210
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182945
Text
Lukman Hakim Kurniantoro (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item