BKG

Irfanudin, Mochamad (2020) Studi Variasi Komposisi Filler Serbuk Kayu Jati Dan Alumunium Terhadap Sifat Mekanik Komposit Sebagai Bahan Kampas Rem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kampas rem merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menghambat laju kendaraan bermotor. Kampas rem memiliki peranan penting dalam menjaga keselamatan dari pengendara. Kampas rem berbahan asbestos berbahaya dan tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu diperlukan bahan kampas rem yang sesuai untuk aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat komposit kampas rem berpenguat serbuk kayu jati, dan untuk mengetahui pengaruh penambahan komposisi serbuk kayu jati terhadap sifat mekanik komposit kampas rem. Bahan yang digunakan dalam peneletian ini berupa serbuk kayu jati, serbuk alumunium, resin epoxy, dan katalis dengan komposisi bahan filler 5:1, 2:1, dan 1:1. Pembuatan kampas rem menggunakan metode hot press dengan tekanan 100 bar pada suhu 100˚c selama 10 menit. Dilakukan pengujian keausan, kekerasan, daya serap air, daya serap minyak dan densitas untuk mengetahui sifat mekaniknya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, perlakuan alkalisasi NaOH dapat mempengaruhi sifat mekanik kampas rem. Hasil penelitian menunjukan komposisi filler terbaik adalah 5:1 dengan perlakuan alkalisasi NaOH.

English Abstract

Brake lining is a component that serves to inhibit the speed of motorized vehicles. Brake lining has an important role in maintaining the safety of the rider. Brake lining made from asbestos is dangerous and not ecofriendly. Therefore we need appropriate brake lining material for the application. the purpose of this study is to make composite of teak wood reinforced brake powder, and to find out the effect of adding the composition of teak wood powder on the mechanical properties of the composite brake lining.. The materials used in this research are teak wood powder, aluminum powder, epoxy resin, and catalyst with filler composition of 5: 1, 2: 1, and 1: 1. Making brake pads using the hot press method with a pressure of 100 bar at 100˚c for 10 minutes. Examination of wear, hardness, water absorption, oil absorption and density to determine the mechanical properties. From the results of research conduct that NaOH alkalization treatment can affect the mechanical properties of brake lining. The results showed the best filler composition was 5: 1 with NaOH alkalization treatment.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520090125
Uncontrolled Keywords: Serbuk kayu jati, serbuk alumuium, resin epoxy, hot press, sifat mekanik.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 531 Classical mechanics > 531.1 Dynamics, statics, mass and gravity, particle mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: ismanto
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182649
Text
0520090125-Mochamad Irfanudin.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item