BKG

Paripurna, Alisya Amalia (2020) Penentuan Strategi Pemasaran Produk Susu Pasteurisasi Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM Pada CV. Dairy Pro Indonesia Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Keberhasilan suatu usaha ditentukan oleh kemampuan pimpinan untuk menetapkan strategi yang tepat dalam menjalankan usahanya, sehingga sangat diperlukannya strategi pemasaran dalam suatu perusahaan. Penelitian dilakukan di CV. Dairy Pro Indonesia Batu, pada divisi Family yang merupakan salah satu tempat pengolahan susu sapi. Produk berupa susu pasteurisasi dan produk berbahan baku susu lainnya. Saat ini, kendala yang sedang dihadapi oleh perusahaan adalah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan saat ini belum mampu untuk meningkatkan pangsa pasar, dengan terdapatnya para pesaing pada produk sejenis. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi perusahaan dan penjualan produk susu pasteurisasi mengalami peningkatan dengan lebih dikenal oleh masyarakat. Pada penelitian ini, dilakukan analisis untuk penentuan strategi perusahaan (Family) melalui tiga tahapan. Tahap pertama adalah input stage dengan mementukan IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) menggunakan bauran pemasaran 4P dan five force's model. Penentuan bobot faktor internal dan faktor eksternal menggunakan pairwise comparison berdasarkan pengisian yang diberikan oleh pihak perusahaan. Pada tahap kedua adalah matching stage, menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Matriks IE digunakan untuk mengetahui kondisi dan keadaan dari suatu perusahaan dan matriks SWOT digunakan untuk menyusun alternatif strategi. Pada tahap terakhir adalah decision stage, yaitu penentuan prioritas strategi dengan menggunakan matriks QSPM yang nilai AS-nya didapatkan berdasarkan hasil diskusi dengan pihak perusahaan. Berdasarkan dari analisis dan pembahasan didapatkan faktor internal yang menjadi kekuatan perusahaan (Family) adalah pada pernyataan saat berkunjung ke Kampung Sapi mendapatkan promosi dengan cara edukasi mengenai susu pasteurisasi. Untuk faktor internal yang menjadi kelemahan adalah pada pernyataan terdapat promo di hari besar (hari ibu, hari anak, bulan ramadhan, dll). Faktor eksternal yang menjadi peluang bagi perusahaan adalah pada pernyataan tingkat penjualan untuk pendatang baru relatif kecil. Sedangkan ancaman bagi perusahaan (Family) adalah pada pernyataan naiknya harga yang diberikan oleh pemasok. Berdasarkan dari hasil analisis QSPM, terdapat strategi penetrasi yang menjadi prioritas utama, seperti perusahaan harus lebih menggiatkan kegiatan promosi mengenai kampung sapi adventure agar bisa menguasai pasar susu pasteurisasi, peningkatan pemasaran dengan mengikuti/mengadakan event tentang pentingnya manfaat susu, meningkatkan promosi menggunakan media sosial online, mendirikan outlet resmi perusahaan (Family) di tempat wisata atau tempat umum yang berdekatan dengan kota Batu, dan menambah jumlah agen untuk memasarkan/meingkatkan penjualan.

English Abstract

Marketing is one of the main activities carried out by the company in facing competition and maintaining the viability of its business. The success of a business is determined by the ability to lead to determine the right strategy in running the business, so it is needed a marketing strategy in a company. The study was conducted at CV. Dairy Pro Indonesia Batu, in the Family division which is one of the places for processing cow's milk. Products in the form of pasteurized milk and other milk-based products. At present, the obstacle that is being faced by the company is that the marketing strategy of the company is currently not able to increase market share, with competitors in similar products. Hopefully with this research it is expected to be able to provide recommendations on the company's strategy and sales of pasteurized milk products have increased with better known public. In this study, an analysis was conducted to determine the company's strategy (Family) through three stages. The first stage is the input stage by determining the IFE (Internal Factor Evaluation) and EFE (External Factor Evaluation) using the 4P marketing mix and five force's model. Determination of the weight of internal factors and external factors using pairwise comparison based on filling provided by the company. In the second stage is the matching stage, using IE matrix and SWOT matrix. IE matrix is used to determine the conditions and circumstances of a company and the SWOT matrix is used to develop alternative strategies. At the last stage is the decision stage, determining the priority of the strategy using the QSPM matrix the value of AS is obtained based on the results of discussions with the company. Based on analysis and discussion, it was found that internal factors that became the strength of the company (Family) were in the statement during a visit to Kampung Sapi to get a promotion by way of education about pasteurized milk. For internal factors, the weakness is the statement that there are promotion on big days (mother's day, children's day, Ramadan, etc.). The external factor which is an opportunity for the company is the statement of the level of sales for new arrivals is relatively small. While the threat to the company (Family) is the statement of rising prices provided by suppliers. Based on the results of the QSPM analysis, there is a penetration strategy that is a top priority. Like companies should be more vigorous regarding promotional activities Kampung Sapi in order to control the pasteurized milk market, increase marketing by attending / holding events about the importance of the benefits of milk, increase promotion using online social media, establish official company outlets (Family) in tourist attractions or public places close to Batu city, and increase the number of agents to market/increase sales.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070042
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 4P, Five Force’s Model, Quantitative Strategix Planning Matrix (QSPM). , Marketing Strategy, Bauran Pemasaran 4P, Five Force’s Model, Quantitative Strategix Planning Matrix (QSPM)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 637 Processing dairy and related products > 637.1 Milk processing > 637.14 Processing specific forms of cow's milk
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Bambang Septiawan
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182173
Text
Alisya Amalia Paripurna.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item