Penggunaan Ekstrak Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) sebagai pupuk dengan Salinitas Berbeda Terhadap Laju Pertumbuhan, Biomassa dan Klorofil-a pada mikroalga Chlorella vulgaris

Aulia, Ana Evita (2020) Penggunaan Ekstrak Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) sebagai pupuk dengan Salinitas Berbeda Terhadap Laju Pertumbuhan, Biomassa dan Klorofil-a pada mikroalga Chlorella vulgaris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mikroalga pada bidang budidaya digunakan sebagai pakan alami bagi larva ikan, bisa juga sebagai pakan sekunder seperti Rotifera, Copepoda, Artemia dan Brachionus. C. vulgaris salah satu mikroalga yang telah dimanfaatkan sebagai pakan alami, pakan ternak dan suplemen. Hal ini dikarenakan C. vulgaris memiliki kandungan protein sebesar 51-58%, karbohidrat 12-17%, lemak 14-22%, dan asam nukleat 4-5%. Penggunaan pupuk walne sebagai media kultur yang kurang ekonomis atau mahal, hal ini perlu adanya suatu terobosan yaitu pemanfaatan limbah organik diolah menjadi pupuk organik yang ekonomis. Kebutuhan nutrien utama dalam C. vulgaris yaitu N (0,7 g/L) dan P (0,3 g/L) dengan rasio N:P sebesar 2:1. Hasil uji daun lamtoro (L. leucocephala) mendapatkan N:P rasio sebesar 12:1. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh perbedaan salinitas pada media pupuk ekstrak daun lamtoro terhadap laju pertumbuhan, biomassa dan klorofil-a C. vulgaris.dan menentukan nilai salinitas yang optimal pada pupuk ekstrak daun lamtoro untuk laju pertumbuhan, biomassa dan klorofil-a C. vulgaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ualngan. Perlakuan yang digunakan adalah perlakuan kontrol salinitas 30 ppt (K), perlakuan salinitas 30 ppt (A), perlakuan salinitas 35 ppt (B) dan perlakuan salinitas 40 ppt (C). Parameter yang di Uji pada penelitian yaitu parameter utama (perhitungan kepadatan C. vulgaris, laju pertumbuhan spesifik, biomassa dan klorofil-a) dan parameter pendukung (doubling time (dt), suhu, pH, salinitas, dissolved oxygen (DO), nitrat dan fosfat). Hasil penelitian penggunaan pupuk daun lamtoro (L. leucocephala) dengan salinitas yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, biomassa dan klorofil-a C. vulgaris, salinitas terbaik yang didapat adalah 35 ppt dengan hasil laju pertumbuhan spesifik 1,90/hari, berat biomassa sebesar 0,40 g/L dan klorofil-a 0,009 μg/ml. Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pupuk daun lamtoro (L. leucocephala) berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan, biomassa dan klorofil-a C. vulgaris. Salinitas terbaik yang dapat digunakan adalah 34 ppt berdasarkan hasil dari nilai maksimum dan perlu adanya penambahan uji seperti protein dan teliti untuk pengukuran klorofil-a.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/61/052003907
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.83 Chlorophyta (Green algae)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jan 2021 09:37
Last Modified: 13 Jan 2023 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181880
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANA EVITA AULIA (1).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item