BKG

Wijaya, Andreyan Tedy (2020) Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Budidaya Pada Kelompok Budidaya Mina Lestari Di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kabupaten Tulungagung memiliki potensi perikanan terdiri dari usaha perikanan tangkap dan juga perikanan budidaya. Perkembangan budidaya ikan air tawar di Kabupaten Tulungagung dibagi menjadi 2 usaha, yaitu budidaya ikan hias dan konsumsi. Program pemerintah untuk pemberdayaan pembudidaya dengan membentuk kelompok. Salah satu kelompok budidaya air tawar yang didirikan sejak tahun 2000 yang seluruh anggotanya perempuan bernama Kelompok Budidaya Mina Lestari yang terletak di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Kelompok Budidaya Mina Lestari memerlukan strategi pemasaran yang baik agar terus berkembang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah .menganalisis kondisi internal dan eksternal, menganalisis strategi pengembangan usaha, serta menganalisis prioritas strategi pada Kelompok Budidaya Mina Lestari. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa yaitu mengenai sejarah berdirinya usaha budidaya kelompok, saluran pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix), daerah penyedia bahan baku maupun daerah yang menjadi pemasaran ikan dan jenis ikan. Kemudian data sekunder berupa web BPS, situs DKP, buku dan jurnal. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian di Kelompok Mina Lestari adalah analisis VRIO (Valueable, Rare, Inimitability, Organize), analisis IFE (Internal Factor Evaluation), analisis PEST (Politik, Sosial, Ekonomi, Teknologi), analisis EFE (External Factor Evaluation), analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities , Threats), analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengambil prioritas strategi yang direkomendasikan kepada kelompok. Kondisi internal dan eksternal pada Kelompok Budidaya Mina Lestari, pada matriks IFE (Internal Factor Evaluation) menghasilkan total skor 3,4632, menunjukkan bahwa mampu dalam memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan mampu mengatasi kelemahan yang ada. Pada matriks EFE (External Factor Evaluation) menghasilkan total skor 3,502, yang artinya mampu dalam memanfaatkan peluang yang dimiliki dan mampu mengatasi ancaman yang ada. Strategi pengembangan usaha pada didapatkan dari analisis SWOT yaitu strategi agresif pada kuadran 1 dari Matriks SWOT. Prioritas strategi menggunakan Analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) yaitu memperluas jaringan pemasaran dengan nilai TAS (Total Attractive Score) sebesar 7,24. Kelompok Budidaya Mina Lestari hendaknya membuat nama usaha (merek) agar mudah dikenali, selain itu perlunya meningkatkan sistem pemasaran online dan hubungan masyarakat untuk memperluas jangkauan pemasaran. Menggunakan strategi penetapan harga berdasarkan biaya, agar dapat memperkirakan keuntungan. Selain itu perlunya dukungan Pemerintah dalam upaya untuk pengembangan usaha Kelompok Mina Lestari.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2020/218/052004023
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181830
Text
Andreyan Tedy Wijaya.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item