Pengukuran Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Berdasarkan Framework COBIT 4.1 Proses Acquire and Implement (AI) Pada PT. Samudra Sarana Logistik

Puspitoputra, Rusdy Hasan (2020) Pengukuran Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Berdasarkan Framework COBIT 4.1 Proses Acquire and Implement (AI) Pada PT. Samudra Sarana Logistik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini Teknologi informasi (TI) menjadi suatu bagian yang sangat penting bagi perusahaan atau lembaga – lembaga yang berskala enterpirse. Dengan menerapkan teknologi informasi pada kegiatan bisnis perusahaan tentunya akan membantu untuk mencapai tujuan dari visi dan misinya, namun disamping itu juga perlu disadari bahwa teknologi informasi ini juga harus ditinjau ulang secara periodik untuk mengetahui sejauh mana teknologi informasi telah membantu performa perusahaan dalam menjalankan sebuah strategi bisnisnya. Fungsi teknologi informasi tidak hanya untuk meningkatkan tingkat operasional tetapi juga memberi manfaat dan nilai tambah yang kompetitif. Lalu untuk menjaga hal itu semua, dibutuhkan sebuah Tata kelola TI atau IT (Information Technology) Governance yang baik. Penilaian tingkat kematangan tata kelola TI pada penerapan teknologi informasi menggunakan framework COBIT 4.1 khusus domain Acquire and Implementation studi kasus pada PT. Samudra Sarana Logistik. COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) Versi 4.1 merupakan salah satu kerangka kerja standar Tata Kelola TI yang banyak digunakan. Penelitian ini difokuskan pada satu domain utama COBIT, yaitu Acquire and Implementation (AI) pada PT. Samudra Sarana Logistik, metode penelitian terdiri atas observasi, wawancara dan analisis data menggunakan framework COBIT Versi 4.1. Hasil evaluasi pengukuran tingkat kematangan pada proses AI 1 tingkat kematangan ada pada level 2 (Repeatable but Intuitive), Proses AI 2 nilai tingkat kematangan ada pada level 2 (Repeatable but Intuitive), proses AI 3 tingkat kematangannya ada pada level 2 (Repeatable but Intuitive), proses AI 4 tingkat kematangannya ada pada level 5 (Optimized), Proses AI 5 tingkat kematangannya ada pada level 3 (Defined), Proses AI 6 tingkat kematangannya ada pada level 1 (Initial / Ad Hoc), dan proses AI 7 tingkat kematangan pada level 2 (Repeatable but Intuitive). Dari perbedaan yang muncul pada analisis kesenjangan, maka hasil dari analisis kesenjangan dapat dibuat 11 rekomendasi yang nantinya akan membantu perusahaan dalam memperbaiki tata kelola yang seharusnya

English Abstract

At present information technology (IT) has become a very important part for companies or institutions that are entrepreneurial scale. Applying information technology to the company's business activities will certainly help to achieve the goals of its vision and mission, but besides that it also needs to be realized that this information technology must also be reviewed periodically to find out to what extent information technology has helped the company's performance in carrying out a business strategy . The function of information technology is not only to increase operational levels but also to provide benefits and competitive added value. Then to maintain it all, we need an IT Governance or IT (Information Technology) Good Governance.An assessment of the maturity level of IT governance in the application of information technology using the COBIT 4.1 framework specifically the domain Acquire and Implementation case study at PT. Samudra Sarana Logistik. COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) Version 4.1 is one of the most widely used IT Governance standard frameworks. This research is focused on one main COBIT domain, namely Acquire and Implementation (AI) at PT. Samudra Sarana Logistik, the research method consists of observation, interviews and data analysis using the COBIT Version 4.1 framework. The results of the evaluation of the measurement of the level of maturity in the process of AI 1 are at level 2 (Repeatable but Intuitive), the Process of AI 2 is the level of maturity level at level 2 (Repeatable but Intuitive), the process of AI 3 level of maturity is at level 2 (Repeatable but Intuitive ), the level 4 AI process is at maturity level 5 (Optimized), the level 5 AI process is at maturity level 3 (Defined), the level 6 AI process is at level 1 (Initial / Ad Hoc), and the level 7 process AI is maturity at level 2 (Repeatable but Intuitive). From the differences that arise in the gap analysis, the results of the gap analysis can be made 11 recommendations which will help companies to be better in IT gorvernance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/233
Uncontrolled Keywords: tata kelola teknologi informasi, COBIT 4.1, acquire and implement, information technology governance, COBIT 4.1, acquire and implement
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:52
Last Modified: 11 Apr 2023 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180987
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rusdy Hasan Puspitoputra (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item