Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi Untuk Pengenalan Warna Dasar Menggunakan Markerless Augmented Reality

Yonanta, Vio Cesar Melano (2020) Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi Untuk Pengenalan Warna Dasar Menggunakan Markerless Augmented Reality. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak-anak usia dini memerlukan pendidikan dan pembinaan guna membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu upaya pembinaan kepada anak-anak adalah mengenalkan warna dasar kepada mereka. Cara agar anak-anak meningkatkan kemampuan kognitifnya agar bisa mengenali warna dasar, mendapatkan pengalaman visual yang menyenangkan dalam mengenal warna dasar, dan membuat media pendidikan yang menarik dan mudah untuk dimengerti oleh anak-anak menjadi sebuah tantangan bagi guru dan orang tua. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi permainan atau gim edukasi yang memanfaatkan teknologi markerless augmented reality guna memberikan pengalaman yang menyenangkan seperti menyaksikan objek virtual bergabung dengan dunia nyata kepada anak, meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenali warna dasar dengan memberikan instruksi melalui teknologi augmented reality, dan mendidik anak-anak sebagai media pendidikan yang menarik dan mudah dimengerti. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Sumber data yang digunakan adalah data-data untuk membangun gim edukasi yang didapat dari buku, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan cara mengambil inti sari dari sumber data, dan diterjemahkan menjadi ide permainan. Landasan teori yang digunakan adalah teori aplikasi permainan edukasi, kemampuan kognitif anak, warna dasar, Game Development Life Cycle, One-Group Pretest-Posttest, Uji-T, dan markerless augmented reality. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa gameplay dari aplikasi permainan edukasi yang dikembangkan dapat meningkatkan pengalaman visual anak-anak dalam mengenal warna dasar, kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dasar dapat meningkat dengan pengaruh permainan edukasi yang telah dikembangkan, dan aplikasi permainan edukasi yang dikembangkan dinilai menarik dan mudah dimainkan.

English Abstract

Early childhood needs education and coaching to help their growth and development. One of the coaching efforts for children is to introduce basic colors to them. The way for children to improve their cognitive abilities so they can recognize basic colors, get a pleasant visual experience in knowing basic colors, and make educational media interesting and easy for children to understand becomes a challenge for teachers and parents. Therefore, an educational game application is made that utilizes marker-less augmented reality technology to provide a pleasant experience such as watching virtual objects join the child to the real world, improving children's cognitive abilities in recognizing basic colors by giving instructions through augmented reality technology, and educating children as an educational medium that is interesting and easy to understand. The method used in this research is Game Development Life Cycle (GDLC). Data sources taken from books, and documents. Data is analyzed by taking essence from data sources, and translating it into game ideas. The basic literature of this research is educational game application theory, children's cognitive abilities, basic colors, Game Development Life Cycle, One-Group Pretest-Posttest, T-Test, and marker-less augmented reality. Based on research, it was concluded that the gameplay of the educational game can improve children's visual experience in recognizing basic colors, children's cognitive abilities in recognizing basic colors can be increased by the influence of educational games, and educational game rated interesting and easy to play.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/32/052002994
Uncontrolled Keywords: aplikasi permainan, edukasi, warna dasar, game development life cycle, markerless augmented reality, game applications, education, basic colors, game development life cycle, markerless augmented reality
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:45
Last Modified: 13 Apr 2023 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180498
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Vio Cesar Melano Yonanta .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item