Hubungan Pola Bermain Game pada Gawai dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 8 Kota Malang.

Juwita, Ani (2019) Hubungan Pola Bermain Game pada Gawai dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 8 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan gawai dibawah usia 12 tahun menyebabkan anak memiliki gangguan kognitif seperti mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi saat belajar. Meskipun pengggunaan gawai bukan satu-satunya penyebab anak mengalami masalah tumbuh kembang namun studi membuktikan penggunaan gawai pada usia dini berkontribusi terhadap berbagai gangguan fisik dan psikis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola bermain game pada gawai dengan tingkat konsentrasi belajar anak prasekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasonal dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sejumlah 57 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Uji statistic yang digunakan adalah spearman rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,507 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola bermain game pada gawai dengan tingkat konsentrasi belajar anak prasekolah usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 8 Kota Malang. Rekomendasi pada peneliti selanjutnya untuk menganalisis faktor- faktor yang yang mempengaruhi pola bermain game pada gawai atau yang mempengaruhi konsentrasi belajar anak.

English Abstract

The use of devices gadgets under the age 12 years causes to have cognitive problems such as learning difficulties when learning. Although the incorporation of devices is not the only cause of children developing developmental problems, studies have not proven that use of devices at an early age contributes to various physical and psychological disorders. This study to analyze the relationship of game patterns in devices with the level of consentration in preschooler learning. The purpose of this research are to analyze the playing game on the level concentration of gadet with learning a preschool. The research method using analytic observasional with by discussing cross sectional. The sample in this study amounted to 57 respondens. The assessment device uses questionnaire and analysis observation. The statistical test used was spearman rank. The results showed a significance value of 0,507 so that it can be conculuded that there was no significant relation between game patterns in the gadgets with the level of concentration of learning for preschoolers 5-6 years at TK Muslimat NU 8 Malang. Recommendations in future studies to analyze factors that effect the game patterns in the device or that affect the concentration of children’s learning.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/545/052001425
Uncontrolled Keywords: Pola Bermain, Gawai, Tingkat Konsentrasi Belajar, Play Pattern, Gawai, Level of Learning Concentration
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development > 612.650 19 Child development--Psychological aspects
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:01
Last Modified: 25 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180289
[thumbnail of Ani Juwita.pdf]
Preview
Text
Ani Juwita.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item