Hubungan Pola Bermain Game Pada Gawai Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak Usia Prasekolah (5-6 tahun) Di TK Muslimat NU 8 Kota Malang.

Maslikha, Chandra (2019) Hubungan Pola Bermain Game Pada Gawai Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak Usia Prasekolah (5-6 tahun) Di TK Muslimat NU 8 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak-anak usia prasekolah saat ini sudah terpapar gawai yang digunakan untuk bermain game. Bermain game menggunakan gawai merupakan permainan pasif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pola bermain game pada gawai dengan tingkat kepercayaan diri pada anak usia prasekolah (5-6 tahun) di TK Muslimat NU 8 Kota Malang. Desain penelitian menggunakan metode analitik observasional, dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian 57 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner pola bermain game dan kuesioner kepercayaan diri anak. Hasil analisa data menggunakan uji spearman rank diperoleh nilai p value 0,426 (p value > 0,005), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola bermain game pada gawai dengan tingkat kepercayaan diri. Rekomendasi: diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian lebih dalam mengenai pola bermain game dengan menganalisis faktor-faktor lain yang mempengaruhi perkembangan anak khususnya kepercayaan diri anak usia prasekolah.

English Abstract

Preschoolers it is been now, make use of gadgets to play games. Playing games using gadgets is a passive play that can improve self confidence. The research to analyze the correlation between playing game patterns in gadget and the self-confidence in preschooler (5-6 years old) in at kindergarten school of Muslimat NU 8 Malang. The research used Observational analytic, with cross sectional method. Sampel were 57 respondents with total sampling method. Research instrumen used were playing game patterns and the level of self-confidence. Data analysis technique used Spearman Rank tes. The results showed p value 0.426 (p value > 0,005) which mean there was a no significant correlation between playing game patterns the level of self confidence. Recommendation: Further research is expected to be able to continue their research in the deferent of a playing game patterns with analyzing factors other affecting child development especially self confidence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/515/052001363
Uncontrolled Keywords: pola bermain game, gawai, kepercayaan diri, anak usia prasekolah-playing game patterns, gadget, self-confidence, preschoolers.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development > 612.650 19 Child development--Psychological aspects
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:13
Last Modified: 22 Oct 2021 05:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180130
[thumbnail of Chandra Maslikha.pdf]
Preview
Text
Chandra Maslikha.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of MAJALAH_Chandra Maslikha_185070209111032.pdf]
Preview
Text
MAJALAH_Chandra Maslikha_185070209111032.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item