BKG

Hapsari, Ghea Dewi (2019) Efektivitas Penggunaan Stiker Reminder Sikat Gigi Pagi Dan Malam terhadap Penurunan Oral Hygiene Index – Simplified (OHI-S) Anak Usia 7-8 Tahun di SD Negeri Ketawanggede Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Salah satu cara dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah menyikat gigi 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Penggunaan metode permainan pada anak dapat membantu meningkatkan minat anak dalam menyikat gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan stiker reminder pagi dan malam terhadap penurunan oral hygiene index – simplified (OHI-S) anak usia 7-8 tahun di SD Negeri Ketawanggede Malang. Rancangan penelitian menggunakan non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling sejumlah 54 siswa yang dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu kelompok perlakuan diberikan stiker reminder sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan. Kedua kelompok diberikan pre test, penyuluhan, post test, dan pemeriksaan indeks OHI-S sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil perhitungan dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan kepada kedua kelompok tersebut dan juga terjadi penurunan indeks OHI-S yang signifikan pada kelompok perlakuan, yaitu (p<0.05). Uji korelasi pearson product moments menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara rutin menempelkan stiker reminder dengan penurunan indeks OHI-S. Kesimpulannya adalah stiker reminder sikat gigi pagi dan malam efektif menurunkan oral hygiene index – simplified (OHI-S) pada anak usia 7-8 tahun SDN Ketawanggede Malang.

English Abstract

One way to maintain oral hygiene is to brush your teeth twice a day, in the morning after breakfast and at night before going to bed. The use of play methods in children can help increase children's interest in brushing their teeth. This study aims to determine the effectiveness of using morning and night reminder stickers on the reduction of oral hygiene index - simplified (OHI-S) children aged 7-8 years at SD Negeri Ketawanggede Malang. The study design used a non equivalent control group design. Sampling was carried out by a total sampling method of 54 students divided into 2 groups, namely the treatment group was given a sticker reminder while the control group was not given. Both groups were given pre-test, counseling, post-test, and OHI-S index examination before and after treatment. The results of calculations using the independent sample t-test showed an increase in knowledge to the two groups and also a significant decrease in the OHI-S index in the treatment group, namely (p <0.05). Pearson product moments correlation test showed there was a strong relationship between routinely sticking the sticker reminder with a decrease in the OHI-S index. The conclusion is that the morning and night toothbrush reminder stickers effectively reduce oral hygiene index - simplified (OHI-S) in children aged 7-8 years at SDN Ketawanggede Malang.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKG/2019/20/052001773
Uncontrolled Keywords: Kebersihan Mulut, OHI-S, Stiker Reminder-Oral Hygiene, OHI-S, Reminder Stickers
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry > 617.64 Orthodontics and pediatric dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179262
Text
Ghea Dewi Hapsari.pdf

Download

Actions (login required)

View Item View Item