BKG

Giswi, Nabila Ainun (2019) Efektivitas Teknik “Tell-Show-Do” terhadap Perilaku dan Denyut Nadi Anak usia 5-8 Tahun pada Perawatan Pecabutan Gigi Sulung dengan Anestesi Infiltasi di Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perawatan gigi dan mulut anak membutuhkan penanganan yang sesuai dengan rasa emosional anak. Hal yang paling sering dintujukkan adalah perasaan gelisah dan takut. “Tell-Show-Do” merupakan salah satu manajemen perilaku yang dilakukan untuk mencegah kekhawatiran anak. Perilaku tersebut dilakukan dengan cara menjelaskan, memperlihatkan, dan melakukan prosedur perawatan gigi dan mulut yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas “Tell-Show-Do” terhadap perilaku anak usia 5-8 tahun berdasarkan Rating Frankl dan denyut nadi pada perawatan pencabutan dengan anestesi infiltrasi. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengukuran Rating Frankl dan denyut nadi sebelum dan sesudah pemberian “Tell-Show-Do” pada perawatan pencabutan dengan anestesi secara infiltrasi. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 32 pasien anak dengan indikasi pencabutan menggunakan anestesi secara infiltrasi, masing-masing 16 pasien untuk kelompok intervensi dan 16 anak pada kelompok kontrol. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Rating Frankl dan nilai denyut nadi sesudah “Tell-Show-Do” yang dilakukan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (uji Chi square Rating Frankl p= 0,002 dan Denyut nadi p=0,018). Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik “Tell-Show-Do” efektif dalam mengatasi rasa takut dan cemas pasien perawatan pencabutan dengan anestesi infiltrasi di RSUB berdasarkan Rating Frankl dan Denyut nadi

English Abstract

Children need an emotional adaptability in doing dental treatment. Fear and anxiety are the most common emotional behavior that occured during the treatment. Tell-Show-Do is one of a behavior management that consist of explaining how the procedure is going to be done, demonstrating the procedure, and doing the procedure as exactly as it was explained. The aim of this research is to know the effectiveness of Tell-Show-Do technique to overcome 5-8 years old child’s behavior based on Frankl behavior rate and heart rate. This research is a true experimental studies which used pre test and post test group design. This study used 32 extraction indicated 5-8 years old children with 16 child for each group (control group and group with intervention). The result of this research showed there is difference on the child’s Frankl behavior categories and the heart rate after the child was treated with Tell-Show-Do (Chi Square test for Frankl’s Rating p= 0,002 and for Heart Rate p=0,018). It may be concluded that Tell-Show-Do technique is effective to overcome the child’s behavior based on Frankl behavior rate and heart rate

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKG/2019/123/052001885
Uncontrolled Keywords: Denyut nadi, Rating Frankl , Tell-Show-Do Frankl’s rating, Heart rate, Tell-Show-Do,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry > 617.64 Orthodontics and pediatric dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178890
Text
Nabila Ainun Giswi.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item