BKG

Risqi, Viki Ulva (2020) Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Pada Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang memiliki misi yang sama seperti perguruan tinggi tempat perpustakaan itu bernaung. Perpustakaan perguruan tinggi memiliki tujuan sebagai pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat atau bisa disebut dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi mampu terlaksana dengan baik jika perguruan tinggi juga mengembangkan perpustakaannya. Mengembangkan kemampuan pada lembaga perpustakaan perguruan tinggi bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada pemustaka oleh karena itu dibutuhkan pengembangan kapasitas kelembagaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengamati mengenai pengembangan kapasitas perpustakaan yang dilihat dari kondisi eksisting perpustakaan perguruan tinggi, pengembangan kapasitas, faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan kapasitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa perpustakaan perguruan tinggi membutuhkan pengembangan kapasitas kelembagaan untuk mencapai pelayanan yang prima. Kondisi eksisting dari segi struktur organisasi sudah di bentuk namun belum disahkan. Sarana dan prasarana perpustakaan belum memadai. Pengembangan kapasitas kelembagaan Perpustakaan Sumber daya manusia perpustakaan masih kurang. Penguatan Organisasi Perpustakaan yaitu tugas dan fungsi staf terjadi perubahan setiap hari. Reformasi kelembagaan Perpustakaan yaitu pergantian direktur yang mengakibatkan adanya pelantikan Kepala Unit Perpustakaan. Faktor pendukung yaitu komitmen bersama dan kepemimpian yang baik. Faktor penghambat yaitu koleksi perpustakaan, kurangnya jumlah pustakawan dan kurang staf teknis IT, dan reformasi kelembagaan. Pengembangan kapasitas kelembagaan dimanfaatkan perpustakaan untuk mencapai visi dan misinya secara bertahap dan perlahan. Pengaplikasian pengembangan kapasitas kelembagaan pada perpustakaan perguruan tinggi juga harus disertai dengan evaluasi untuk mendapatkan kondisi terkini perpustakaan dan pencapaian keberhasilan dari target yang ditetapkan. Pengembangan kapasitas kelembagaan Perpustakaan guna meningkatkan Perpustakaan lebih baik. Faktor pendukung dan penghambat yaitu untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam pengembangan kapasitas kelembagaan Perpustakaan.

English Abstract

The college library is a library that has the same mission as the college where the library is located. The library college have a purpose as education, research and community serice or known as Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi can be implemented well if the university also develops its library. Develop the ability of the library college aimed to provide excellent services to users therefore institutional capacity building is needed. The purpose of this study is to observe the development of library capacity as seen from the existing condition of the university library, capacity development, supporting factors and inhibiting factors for capacity development. The research method used in this research is qualitative research with a desciptive approach. Data is collected through interviews, observations and documentation, while data analysis techniques used are a triangulating technique and triangulation source. The results of the research conducted stated that higher education libraries require institutional capacity building to achieve excellent service. The existing condition in terms of organizational structure has been established but has not yet been ratified. Library facilities and infrastructure are inadequate. Library institutional capacity development Library human resources are still lacking. Strengthening the Library Organization, namely the duties and functions of the staff, changes every day. Institutional library reform that occured was the change of directors which resulted in the inauguration of the head of the library unit. Supporting factors are joint commitment and good leadership. Inhibiting factors are library collection, lack of human resources, and institutional reform. Institutional capacity building is used by libraries to achieve their vision and mission gradually and slowly. The application of institutional capacity building in higher education libraries must also be accompanied by an evaluation to obtain the current condition of the library and the achievement of success of the targets set. Library institutional capacity development in order to improve the library better. Supporting and inhibiting factors are to find out the strengths and weaknesses in developing library institutional capacity.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/839/052001012
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pengembangan Kapasitas, Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Library college , capacity development , the development of institutional capacity
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.7 Collage and university libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178760
Text
Viki Ulva Risqi.pdf

Download

Actions (login required)

View Item View Item