BKG

Saputri, Mega Popy Oktavia (2019) Pengaruh Kenaikan Harga Rokok, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Rokok Apache di Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh Undang-undang. Kenaikan Harga Rokok merupakan upaya pemerintah dalam rangka mengendalikan konsumsi dengan tujuan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kenaikan Harga Rokok, kualitas produk, dan citra merek terhadap loyalitas konsumen. Variabel dalam penelitian ini meliputi Kenaikan Harga Rokok (X1), Kualitas Produk (X2), Citra Merek (X3) dan Loyalitas Konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rokok Apache di Kabupaten Blitar. Sampel yang digunakan sebanyak 96 (sembilan puluh enam) responden, diperoleh menggunakan perhitungan rumus dari Hasan.data diperoleh secara langsung dari responden dengan menggunakan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial yang diolah menggunakan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kenaikan Harga Rokok (X1) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y); Kualitas Produk (X2) dan Citra Merek (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Hasil total R2 sebesar 71,2% mengindikasikan bahwa dalam hipotesis penelitian ini, variabel independent dapat mempengaruhi variabel dependent sebesar 71,2%, sedangkan sebesar 28,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

English Abstract

Excise is state levies imposed on specific goods which have specific characteristic determine by regulation. Cigarette price increases is government efforts to control consumption with purpose of public health. This research purpose to determine and explain the effect of tobacco excise rate, product quality, and brand image on consumer loyalty. Variable in this research include Tobacco Excise Rate (X1), Prodcut Quality (X2), Brand Image (X3), and Consumer Loyalty (Y). The population in this research is apache cigarette consumers in Blitar Regency. Sample used of 96 (ninety six) responden, obtained using the calculation formula from Hasan. Data obtained from respondent directly with research instrument that using questionnaire. The analysis used descriptive analysis and inferential analysis which was processed by using SPSS 26 for windows. The results of this research show that: Cigaretee Price Increase (X1) partialy has no significant effect in Consumer Loyalty (Y); Product Quality (X2) and Brand Image (X3) partialy has significant effect in Consumer Loyalty (Y). The result of total R2 71,2% indicates that in this research hypothesis, the independent variable can influence the dependent variable by 71,2%, while 28,8% is influenced by other factors not explained in this research.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/811/052000418
Uncontrolled Keywords: Kenaikan Harga Rokok, Kualitas Produk, Citra Merek, Loyalitas Konsumen Rokok-Cigarette Price Increases, Product Quality, Brand Image, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.153 Taxes, insurance, charitable donations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177784
Text
Mega Popy Oktavia Saputri.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item