BKG

Qudwah, Abdullah (2019) Analisis Pengaruh Ekolabel, Pendapatan, Ketersediaan, Dan Religiositas Terhadap Preferensi Konsumsi Produk Ramah Lingkungan Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk memprakasai naiknya permintaan guna pemenuhan kebutuhan konsumsi. Tingkat konsumsi yang tinggi menuntut penggunaan sumber daya alam yang lebih besar. Tanpa wawasan ramah lingkungan eksploitasi sumber daya alam menyebabkan kerusakan lingkungan. Kepedulian dan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan membuat pola konsumsi berubah, konsumen dan proddusen memasukkan isu lingkungan hidup dalam kegiatan konsumsi dan produksi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh: ekolabel, pendapatan, ketersediaan, dan religiositas terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar pada 100 responden mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Metode Analisa yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan variabel tergantung preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk ramah lingkungan dan variabel bebas ekolabel, pendapatan, ketersediaan produk ramah lingkungan, dan religiositas. Hasil penelitian diketahui preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk ramah lingkungan secara positif dipengaruhi oleh variabel ekolabel, pendapatan, dan religiositas. Selanjutnya diketahui variabel ketersediaan produk ramah lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk ramah lingkungan.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/597/051911291
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen, Ekolabel, Pendapatn, Ketersediaan, dan Religiositas
Subjects: 300 Social sciences > 339 Macroeconomics and related topics > 339.4 Factors affecting income and wealth > 339.47 Consumption (Spending)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177480
Text
Abdullah Qudwah.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item