BKG

Tampubolon, Hardyanti (2019) Ekspresi Tumor Necrosis Factor-Alfa (Tnf-Α) Dan Gambaran Histopatologi Colon Pada Mencit Balb-C Model Diare Hasil Induksi Castor Oil Dengan Terapi Infusa Daun Beluntas (Pluchea Indica L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Diare merupakan gangguan pencernaan dimana frekuensi defekasi melebihi frekuensi normal dan konsistensi feses yang encer. Salah satu penyebab diare adalah gangguan motilitas gastrointestinal. Daun beluntas adalah salah satu tanaman tradisional yang mengandung flavanoid dan tanin yang berguna dalam proses penyembuhan diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat infusa daun beluntas sebagai bahan pengobatan diare dengan mengamati gambaran histopatologi colon dan ekspresi TNF-α colon menggunakan hewan coba mencit Balb-C jantan yang dibagi menjadi enam kelompok masing-masing empat ekor mencit. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan kontrol negatif (mencit sehat tanpa perlakuan), kontrol positif (diinduksi castor oil 0,5 mL tanpa terapi), kelompok kontrol obat (diinduksi castor oil 0,5 mL dengan terapi karbon aktif (norit®) (0,8 mL)), sedangkan kelompok perlakuan pertama, kedua dan ketiga adalah mencit yang diinduksi castor oil 0,5 mL dengan terapi infusa daun beluntas konsentrasi masing-masing 5% (0,75 mL), 10% (0,75 mL), dan 20% (0,75 mL). Pengamatan ekspresi TNF-α menggunakan metode imunohistokimia yang direperesentasikan menggunakan software immunoratio dan dianalisa dengan uji one-way ANOVA, sedangkan pengamatan histopatologi colon menggunakan metode pewarnaan Hematoxyline-Eosin yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infusa daun beluntas mempengaruhi penurunan ekspresi TNF-α sangat nyata (P<0,01) pada perlakuan 1, 2 dan 3 dan meningkatkan sel goblet jika dibandingkan dengan kontrol positif. Namun, kerusakan colon seperti erosi epitel dan ruptur masih terlihat. Terapi infusa daun beluntas dengan konsentrasi 20% menunjukkan hasil yang terbaik. Kesimpulan penelitian ini adalah terapi infusa daun beluntas dapat menurunkan ekspresi TNF-α dan meningkatkan perbaikan sel goblet colon pada mencit Balb-C model diare.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2019/70/051909008
Uncontrolled Keywords: Diare, daun beluntas, histopatologi colon, TNF-α,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.3 Organics drugs > 615.32 Drugs derived from plants and mikroorganisms > 615.323 99 Drugs derived from spesific plant (Asterales)
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176896
Text
HARDYANTI TAMPUBOLON (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item