Perbandingan Ekspresi T Helper 17 pada Plasenta Normal dan Plasenta Malaria pada Ibu yang Melahirkan Bayi Berat Badan Lahir Rendah.

Arinugraha, Latania Naufa (2019) Perbandingan Ekspresi T Helper 17 pada Plasenta Normal dan Plasenta Malaria pada Ibu yang Melahirkan Bayi Berat Badan Lahir Rendah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malaria dalam kehamilan merupakan infeksi Plasmodium pada ibu hamil yang menjadi perhatian utama dalam kesehatan masyarakat dikarenakan menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan pada ibu dan janin. Pada malaria dalam kehamilan, plasenta yang telah terinfeksi akan mengubah lingkungan ruang intervilus. Kerusakan ini dapat mengubah fungsi plasenta dan menyebabkan pertumbuhan janin terhambat sehingga bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). T helper 17 (Th17) adalah subset dari CD4+ sel T yang memproduksi sitokin interleukin-17 (IL-17). Penelitian ekspresi IL-17 plasenta sebelumnya sudah pernah diteliti pada mencit BALB/c hamil model malaria dan didapatkan adanya hubungan langsung antara tingginya ekspresi IL-17 dengan BBLR. Penelitian ekspresi Th17 plasenta manusia pada malaria dalam kehamilan belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan ekspresi Th17 pada plasenta normal dan plasenta malaria pada ibu yang melahirkan bayi BBLR, serta menganalisis korelasi BBLR dengan ekspresi Th17 pada plasenta normal dan plasenta malaria ibu yang melahirkan bayi BBLR. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini meggunakan bahan biologi tersimpan (BBT) berupa plasenta yang berasal dari ibu hamil yang melahirkan bayi BBLR di RSUD T.C. Hillers, Maumere, Kabupaten Sika, Nusa Tenggara Timur dengan konfirmasi DNA Plasmodium menggunakan polymerase chain reaction (PCR). Selanjutnya dilakukan pengecatan imunofluoresensi menggunakan antibodi IL-17A dan CD4, lalu difoto menggunakan mikroskop fluoresensi dengan perbesaran 400x sebanyak 5 lapang pandang. Ekspresi Th17 dikuantifikasi menggunakan software Fiji melalui perhitungan densitas. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan independent t-test, tidak ditemukan perbandingan antara ekspresi Th17 plasenta normal dengan plasenta malaria pada ibu yang melahirkan bayi BBLR dengan p=0,581. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Spearman juga tidak ditemukan korelasi yang signifikan antara BBLR dengan ekspresi Th17 pada plasenta normal dan plasenta malaria pada ibu yang melahirkan bayi BBLR dengan p=0,664. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan ekspresi Th17 yang signifikan pada plasenta normal dan plasenta malaria pada ibu yang melahirkan bayi BBLR, serta tidak terdapat korelasi yang signifikan antara BBLR dengan ekspresi Th17 pada plasenta malaria dan plasenta normal pada ibu yang melahirkan bayi BBLR.

English Abstract

Malaria in pregnancy is a Plasmodium infection in pregnant women which is a major concern in public health which causes significant health problems for the mother and fetus. In malaria in pregnancy, the infected placenta will change the environment of the intervillous space. This damage could influence the placetal function, leading to fetal growth restriction and low birth weight (LBW) babies. T helper 17 (Th17) is part of CD4 + T cells that produce interleukin-17 cytokines (IL- 17). Research on placental IL-17 expression has previously been studied in pregnant BALB / c mice with malaria models and found a direct correlation between the high expression of IL-17 and LBW. The study of human placenta Th17 expression in malaria in pregnancy has never been done. This study aims to analyse the differences in Th17 expression in normal placenta and placenta malaria in mothers who gave birth to LBW babies, and analyse the correlation of LBW with Th17 expression in normal placenta and placenta malaria mothers who give birth to LBW babies. The design study was an observational analytic study design with a cross sectional approach. The sample were stored biological material in the form of placenta from pregnant women who gave birth to LBW babies in T.C. Hillers Public Hospital, Maumere, Sika Regency, East Nusa Tenggara. The samples had been done Plasmodium DNA confirmation by polymerase chain reaction (PCR). Furthermore, immunofluorescence staining was carried out using IL-17 and CD4 antibodies, and then photographed using a fluorescence microscope with a magnification of 400x by 5 fields of view. Th17 expression is quantified using Fiji software through density calculation. Based on the results of data analysis using independent t-test, there was no comparison between the Th17 expression of normal placenta and malaria placenta in mothers who gave birth to LBW babies with p = 0.581. The results of data analysis using the Spearman correlation test also found no significant correlation between LBW and Th17 expression in normal placenta and placenta malaria in mothers who gave birth to LBW babies with p = 0.664. The conclusion that can be drawn from this study is that there is no significant difference in Th17 expression in normal placenta and placenta malaria in mothers who give birth to LBW babies, and there is no significant correlation between LBW and Th17 expression in normal placenta malaria and placenta in mothers giving birth LBW.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/359/051909442
Uncontrolled Keywords: Malaria dalam kehamilan, BBLR, Th17, Malaria in pregnancy, LBW, Th17
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.9 Pediatrics and geriatrics > 618.92 Pediatrics / Infants--Care / Infants--Development > 618.920 11 Premature infants
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:42
Last Modified: 25 Oct 2021 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176230
[thumbnail of Latania Naufa Arinugraha.pdf]
Preview
Text
Latania Naufa Arinugraha.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item