BKG

Sari, Dwi Aprilinda (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kecukupan ASl terhadap Persepsi Ketidakcukupan ASl Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Pandanwangi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

ASI sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bayi usia 6 bulan direkomendasikan diberi ASI saja (ASI eksklusif). Namun, sebagian besar ibu gagal dalam memberikan ASI eksklusif. Hal yang mempengaruhi ibu memberikan ASI eksklusif adalah persepsi ketidakcukupan ASI yang mana ibu merasa ASI yang dihasilkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan pendidikan kesehatan yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu sehingga ibu tidak memiliki persepsi ketidakcukupan ASI. Tujuan: Menganalisis perbedaan persepsi ketidakcukupan ASI eksklusif antara pendidikan kesehatan dengan leaflet dan pendidikan kesehatan dengan video dan leaflet pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi di Wilayah Kerja Puskesmas Pandanwangi Malang. Desain penelitian adalah true experiment pre post test with control group design dengan jumlah sampel sebanyak 34 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu keIompok kontroI (n = 17) dan keIompok intervensi (n = 17) dengan cara simpIe random sampIing. Kelompok intervensi mendapatkan pendidikan kesehatan dengan video dan pemberian leaflet, sedangkan keIompok kontroI hanya mendapatkan leaflet. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner Perceived Insufficient Milk yang dimodifikasi oleh peneliti dan dianalisis dengan uji paired-samples t-test dan independent-samples t-test. Hasil penelitian: hasil analisis post test antara kedua keIompok terdapat perbedaan signifikan (p-value = 0,009, α < 0,05). Kesimpulan: Ada perbedaan persepsi ketidakcukupan ASI eksklusif antara pendidikan kesehatan dengan leaflet dan pendidikan kesehatan dengan video dan leaflet pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Saran: penelitian ini dapat dijadikan pilihan intervensi dalam mengatasi persepsi ketidakcukupan ASI eksklusif ataupun masalah yang lain, penelitian selanjutnya dilakukan dengan jangka waktu yang lebih lama untuk memasktikan perubahan persepsi ketidakcukupan ASI eksklusif, serta memperhatikan faktor lingkungan yang mempengaruhi pendidikan kesehatan.

English Abstract

Breast milk is very beneficial for baby's growth and development. Babies aged 6 months are recommended for breast milk only (exclusive breast milk). However, most mothers fail to give exclusive breast milk. The thing that affects mothers giving exclusive breast milk is the perception of breast milk insufficiency which mothers feel the milk produced is not enough to meet the needs of babies. The action that can be taken is with health education that can increase maternal knowledge so that the mother does not have the perception of breast milk insufficiency. Objective: To analyze difference on perception of exclusive breast milk insufficiency between health education with leaflets and health education with videos and leaflets in the control group and intervention group in Working Area of Pandanwangi Community Health Center Malang. The research design is true experiment pre post test with control group design with a total sample of 34 respondents divided into 2 groups, namely control group (n = 17) and intervention group (n = 17) by simple random sampling. The intervention group received health education with video and leaflet, while the control group only received leaflet. Data were obtained using the Perceived Insufficient Milk questionnaire modified by the researcher and analyzed by testing paired samples t-test and independent-samples t-test. Results: The results of the post test analysis between the two groups had significant differences (p-value = 0.009, α < 0.05). Conclusion: There is a difference on perception of exclusive breast milk insufficiency between health education with leaflets and health education with videos and leaflets in the control group and intervention group. Suggestion: this study can be used as an intervention choice in overcoming perceptions of insufficient exclusive breastfeeding or other problems, further research is conducted with a longer period of time to determine changes in perceptions of exclusive breast milk insufficiency, and pay attention to environmental factors that influence health education.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/82/051909149
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Persepsi Ketidakcukupan ASI Eksklusif, ASl eksklusif, Health Education, Perception of Exclusive Breast Milk Insufficiency, Exclusive Breast Milk
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics > 613.269 Human breast milk diet
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175637
Text
Dwi Aprilinda Sari.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item