BKG

Rahmawati, Yawara Oky (2019) Apropriasi Gambar Anak dalam Seni Tekstil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Masa perkembangan anak-anak adalah masa dimana kemampuan kreatif yang lebih menonjol. Kemampuan kreatif itu lebih mereka ekspresikan dengan menggambar, karena menggambar adalah metode paling sederhana, bebas dan mudah praktiknya. Gambar anak yang penuh goresan spontan, naif, imajinatif, dan tidak dibuat-buat menjadi pemantik ide penciptaan karya tugas akhir penulis. Gambar anak yang didapat akan dimaknai ulang melalui metode apropriasi untuk menghasilkan sudut pandang dan konsep baru. Apropriasi dalam gambar anak ini dilakukan dengan mengadopsi, meminjam dan mendaur ulang gambar mereka yang nantinya akan diterapkan dalam karya seni tekstil. Metode penciptaan yang digunakan penulis adalah milik SP. Gustami yaitu eksplorasi, perancangan dan perwujudan. Eksplorasi mencangkup pencarian data, data yang diperoleh disini adalah gambar anak usia 6-9 tahun. Kemudahan penulis dalam mencari data adalah penulis seorang guru ekstra kurikuler menggambar di Sekolah Dasar. Setelah data didapat, selanjutnya adalah tahap perancangan, pada tahap ini penulis memilah-milah gambar anak yang nantinya akan diapropriasi. Terakhir adalah perwujudan kedalam tekstil dengan media utama kain perca dan sulam. Hasil karya penciptaan tugas akhir penulis berjumlah 6 buah, dengan tema yang berbeda-beda dalam setiap karya. Perbedaan tersebut menciptakan dinamika yang harmonis melalui segi komposisi, kesatuan, bentuk, ukuran dan warna. Media utama adalah menggunakan kain perca yang disusun sesuai komposisi dan di padukan dengan teknik sulam. Teknik sulam yang digunakan cenderung lebih ekspresif untuk tetap memunculkan karakter naif pada karya, sesuai dengan karakter gambar anak tetapi dengan konsep berbeda.

English Abstract

The development period of children is a period in which creative abilities are more prominent.They express their creativity more in drawing, because drawing is the simplest method, free, and easy to practice. Children's picture that are spontaneously scratched, naive, imaginative, and seriously made up to be an idea for the author's final assignment. The children's picture obtained will be reinterpreted through the appropriation method to obtain new perspectives and concepts. Appropriation in the children's picture is done by using, borrowing and recycling their images that will be applied in textile artwork. The creation method used by the author belongs to SP. Gustami is exploration, design and embodiment. Exploration includes data search, data obtained here is a picture of children aged 6-9 years. The ease of the writer in finding data was the author of an extra-curricular drawing teacher at the elementary school. After the data is obtained, then is the design stage, at this stage the author sorts out the children's picture who will later be appropriated. Finally, the embodiment into textiles with the main media is patchwork and embroidery. The works of the author's final assignment are 6 pieces, with different themes in each work. These differences create harmonious dynamics in terms of composition, unity, shape, size and color. The main media is using patchwork fabric arranged according to the composition and combined with embroidery techniques. The embroidery technique used tends to be more expressive in order to still bring out the naive character of the work, in accordance with the children's picture character but with a different concept.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/259/051908717
Uncontrolled Keywords: Apropriasi, Gambar Anak, Naif, Perca, Sulam, Seni Tekstil-Appropriation, Children's Pictures, Naive, Perca, Embroidery, Textile Art
Subjects: 700 The Arts > 746 Textile arts > 746.3 Pictures, hangings, tapestries
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175384
Text
Yawara Oky Rahmawati.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item