BKG

Suharsono, Hari Dwi (2019) Pemenuhan Hak Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Rumah Sakit Di Era Bpjs (Pendekatan Case Study). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Regulasi pemerintah dibuat untuk memberikan pemerataan kesejahteraan rakyat. Undang-undang tentang Jaminan Kesehatan Nasional dan peraturan tentang kesehatan memberikan hak kepada rakyat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Adanya Perdirjampelkes Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sistem Berjenjang Berbasis Kompetensi melalui Integrasi Sistem Informasi (Rujukan Online) berdampak pada rumah sakit tipe C dan layanannya. Sistem rujukan online BPJS sebenarnya dibuat untuk memudahkan dan meningkatkan mutu layanan di rumah sakit, namun ternyata menimbulkan banyak permasalahan pada implementasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pemenuhan hak pasien dalam mendapatkan pelayanan rumah sakit di era BPJS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Data dikumpulkan dengan wawancara terhadap 8 orang informan. Peneliti memperoleh temuan bahwa RS Karya telah melakukan tindakan proaktif terhadap perubahan yang mendadak akibat sistem rujukan online berjenjang dengan melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan pelayanan baik SDM maupun fasilitas demi mewujudkan pemenuhan hak pasien. BPJS menerapkan aturan rujukan online berjenjang yang memberikan dampak tidak terpenuhinya sebagian hak layanan manusiawi, hak informasi, hak rekam medis dan hak layanan efisien dan efektif pasien. Regulasi baru BPJS bisa menjadi ancaman jika rumah sakit tidak berubah untuk meningkatkan kualitas dan mengantisipasinya dengan manajemen krisis demi pemenuhan hak pasien. Layanan manusiawi dilakukan untuk memberikan hak pasien tanpa melanggar regulasi yang dibuat oleh BPJS. Saran penelitian adalah RS perlu membentuk tim manajemen krisis. BPJS juga diharapkan dapat mempertimbangkan institusi, geografis dan regional peserta dalam sistem rujukan online berjenjang sehingga hak pasien terpenuhi.

English Abstract

Government regulations are made to provide even distribution of people's welfare. The law on National Health Insurance and regulations on health give people the right to get good health services. The existence of Perdirjampelkes Number 4 of 2018 concerning the Implementation of Competency Based Tiered Systems through Information System Integration (Online Referral) has an impact on Type C hospitals and their services. BPJS online referral system was actually created to facilitate and improve the quality of services in hospitals, but in fact it caused many problems in its implementation. The purpose of this study is to explore the fulfillment of patient rights in obtaining hospital services in the BPJS era. This study used qualitative research methods with a case study approach. Data were collected by interviewing 8 informants. Researchers obtained findings that RS Karya has taken proactive actions towards sudden changes due to a tiered online referral system by making various efforts to improve services both human resources and facilities to realize the fulfillment of patient rights. BPJS applies a tiered online referral regulation which results in the partial fulfillment of human rights, information rights, medical record rights and patient's efficient and effective service rights. The new BPJS regulation can become a threat if the hospital does not change to improve quality and anticipate it with crisis management for the fulfillment of patient rights. Human services are carried out to provide patient rights without violating regulations made by BPJS. The research suggestion is that hospitals need to form a crisis management team. BPJS is also expected to consider institutional, geographical and regional participants in a tiered online referral system so that patient rights are met.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.11/SUH/p/2019/041907214
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL CARE, PATIENTS -- CIVIL RIGHTS
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.11 Hospitals and related institutions
Divisions: S2 / S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175337
Text
Hari Dwi Suharsono (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item