BKG

Putri, Arisa Eka (2019) Perbedaan Efektivitas Promosi Kesehatan Antara Metode e-Health dengan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap tentang Personal Hygiene Genetalia Eksterna pada Siswi SMAN 1 Singosari dan SMAN 1 Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Personal hygiene genetalia eksterna merupakan hal penting bagi remaja yang harus diperhatikan secara khusus. Remaja seringkali kurang terpapar informasi dengan kesehatan reproduksi tentang personal hygiene genetalia eksterna sehingga remaja mempunyai permasalahan reproduksi. Akibat dari kurangnya informasi tentang kesehatan reproduksi tentang personal hygiene genetalia eksterna berdampak pada sikap remaja secara tidak langsung. Sehingga perlu diberikan informasi melalui promosi kesehatan yang membahas khusus tentang personal hygiene genetalia eksterna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas promosi kesehatan antara metode e-Health dengan metode ceramah, dari kedua metode tersebut manakah yang lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah sikap siswi tentang personal hygiene genetalia eksterna. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan pre dan post control design. Promosi kesehatan dengan metode e-Health dan metode ceramah masing-masing dilakukan selama 1 hari. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 73 untuk metode e-Health dan 82 untuk metode ceramah yang diambil menggunanakan teknik purposive sampling. Hasil uji Mann Whitney didapatkan pvalue 0.641 untuk pengetahuan dan didapatkan p-value 0.000 untuk sikap. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan pengetahuan antara kedua metode setelah diberikan promosi kesehatan dan terdapat perbedaan sikap antara kedua metode setelah diberikan promosi kesehatan. Sedangkan Hasil Uji Wilcoxon dengan metode e-Health didapatkan hasil p-value 0.000 untuk pengetahuan dan p-value 0.077 untuk sikap. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap. Hasil Uji Wilcoxon dengan metode ceramah didapatkan hasil p-value 0.000 untuk pengetahuan dan sikap. Dapat disimpulkan pula bahwa terdapat perbedaan signifikan pada metode ceramah baik pengetahuan maupun sikap. Hasil analisa dari kedua metode, dapat diambil kesimpulan bahwa kedua metode sama-sama efektif untuk menigkatkan pengetahuan dan metode ceramah lebih efektif untuk mengubah sikap responden tentang personal hygiene genetalia eksterna.

English Abstract

Personal hygiene of external genetalia is important for adolescents who must be considered specifically. Adolescents are often lacking in information with reproductive health about external genetalia personal hygiene so that adolescents have reproductive problems. The result of the lack of information about reproductive health about personal hygiene of external genetalia has an indirect impact on adolescent attitudes. So that needs to be given information through health promotion that specifically discusses the personal hygiene of external genetalia. The purpose of this study was to determine the differences in the effectiveness of health promotion between e-Health methods and the lecture method, which of the two methods was more effective in increasing knowledge and changing student attitudes about external genetalia personal hygiene. The research design used in this study was quasy experimental with pre and post control design. Health promotion using the e-Health method and the lecture method are carried out for 1 day. The number of respondents taken in this study was 73 for the e-Health method and 82 for the lecture method taken using the purposive sampling technique. The Mann Whitney test results obtained p-value 0.641 for knowledge and obtained p-value 0.000 for attitude. These results indicate that there is no difference in knowledge between the two methods after being given health promotion and there are differences in attitudes between the two methods after being given health promotion. While the Wilcoxon Test results with the e- Health method obtained p-value 0.000 for knowledge and p-value 0.077 for attitudes. It can be concluded that there is a significant difference in knowledge and there is no significant difference in attitude. The Wilcoxon Test results with the lecture method obtained the results of p-value 0,000 for knowledge and attitudes with the lecture method. It can also be concluded that there are significant differences in the lecture method both knowledge and attitude. The results of the analysis of the two methods, it can be concluded that the two methods are equally effective for increasing knowledge and lecture methods more effectively to change the attitude of respondents about external genetalia personal hygiene.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/110/051909209
Uncontrolled Keywords: Metode e-Health, Metode Ceramah, Pengetahuan, Sikap, Personal Hygiene Genetalia Eksterna, e-Health Method, Lecture Method, Knowledge, Attitude, Personal Hygiene of Genetalia External
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.8 Specific therapies and kinds of therapies > 615.85 Miscellaneous therapies > 615.851 6 Bibliotherapy and educational therapies
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175232
Text
Arisa Eka Putri (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item