BKG

Utama, Aldo Danurizky (2019) Kepribadian Tokoh Yoshizaki Mari Dalam Manga Boku wa Mari no Naka Karya Oshimi Shuzou (Psikoanalisis Jacques Lacan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Manga, merupakan karya sastra berupa komik yang berasal dari Jepang. Manga, sebagai salah satu karya sastra yang dikenal hampir di seluruh dunia, seringkali memadukan unsur-unsur yang bersifat fantasi dan realita. Penelitian ini sendiri berfokus pada tokoh utama Yoshizaki Mari dalam manga dengan judul “Boku wa Mari no Naka” karya Oshimi Shuzou. Penulis bertujuan untuk mengetahui kondisi kepribadian Yoshizaki Mari setelah mengalami trauma psikologis pada masa kecilnya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori psikoanalisis Jacques Lacan karena model teori yang dikemukakan memiliki relasi dengan kejadian yang dialami Yoshizaki Mari pada masa kecilnya. Metode yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif analisis yang dibantu dengan teknik observasi data. Analisis dilakukan dengan tripartite model Jacques Lacan yang terdiri dari fase the real, fase the imaginary, dan fase the symbolic. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada fase the real, subjek masih mengganggap dirinya sebagai bagian dari ibunya. Memasuki fase the imaginary, terjadi konflik kepribadian tentang siapa yang seharusnya memegang kendali atas tubuh Yoshizaki Mari. Ketika memasuki fase the symbolic, Yoshizaki Mari berhasil menerima kenyataan dan melangkah maju dengan mencoba menjadi pribadi yang lebih baik. Trauma psikologis Yoshizaki Mari membuat terhambatnya proses konstruksi diri pada fase imajiner subjek. Selain itu, terganggunya proses perkembangan diri subjek dalam pengenalan dirinya dalam cermin membuat subjek lebih terpaku kepada kepribadian yang Mari anggap ideal dari luar.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

漫画というのは日本の文芸の一つである。世界中に知られている文芸の一つとして、漫画はよく夢幻と現実のジャンルを混ぜる。本研究にて押見酒造の「ぼくは麻理のなか」の主人公吉崎麻理をめぐって研究を行う。研究の目的は幼い頃のトラウマが吉崎麻理の人格の状態にどんな影響を与えるかを調べる事である。 本研究では、著者がジャック・ラカンの精神分析理論を使う理由はジャック・ラカンが述べた理論には吉崎麻理の幼い頃の経験に関連しているからである。使われた研究方法は記述分析法を使用し、データ集まりにも観測技術に支えられた。分析にはジャック・ラカンの理論、現実界、想像界、そして象徴界を使用した。 結果、現実界にいた主語は母との一体感がまだ強い。想像界に入ったとき、内側葛藤によって誰の人格が吉崎麻理の意識の表に出るかは決められなかった。しかし、象徴界に入った主語は現実を受け入れ、もっと良い人として進歩し続けた。主語の精神トラウマによって吉崎麻理の人格発展が妨げられたことが分かった。その他、想像界の鏡の中の自己啓発が乱れた為、主語は自らの人格より外部からの理想人格に固まった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/211/051908653
Uncontrolled Keywords: Manga, Trauma, Psikoanalisis
Subjects: 400 Language > 404 Special topics of language > 404.2 Bilingualism > 404.201 9 Psycholinguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175119
Text
Aldo Danurizky Utama.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item