BKG

Sari, Meta (2019) Perilaku Konsumtif pada Komunitas Cosplay Cosuki Malang Terhadap Budaya Produk Kawaii. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Cosplay sebagai salah satu budaya populer Jepang di Indonesia menimbulkan kecintaan dan kegemaran yang cukup kuat baik secara individu maupun kelompok. Seni didalam bercosplay bukan hanya sekedar bekostum tetapi juga dapat menimbulkan cosplayer menjadi konsumtif. Penelitian ini mendiskripsikan bentuk pengaruh budaya kawaii Serta menyimpulkan keuntungan dan kerugian pada cosplayer komunitas cosuki Malang yang dipengaruhi oleh budaya Kawaii yang berperilaku konsumtif. Teori konsumtif yang digunakan dalam studi ini mengambil konsep perilaku konsumtif dari Sumartono mengatakan mengatakan perilaku konsumtif yang ditandai oleh adanya kehidupan mewah dan berlebihan, penggunaan segala hal yang dianggap paling mahal yang memberikan kepuasan dan kenyamanan fisik serta adanya pola hidup manusia yang dikendalikan dan didorong oleh semua keinginan untuk memenuhi hasrat kesenangan semata-mata. Kuesioner dijawab oleh 13 responden. Hasil penelitian ini menunjukan adanya beberapa keuntungan dan kerugian. Keuntungan antara lain: (1) menjadi lebih dan disukai karena berpenampilan mengemaskan dalam bercosplay kawaii. (2) dengan adanya hobby membuat cosplayer bisa menghasilkan uang lewat menyewakan dan menjual kembali produk kawaii. (3) produk kawaii sebagai investasi jangka panjang. Kerugian antara lain (1) responden kecanduan online shop, (2). Rasa suka mengebu-ngebu sehingga menghabiskan banyak uang untuk membeli produk yang bukan termasuk kebutuhan pokok. (3) kekecewaan ketika membeli produk rusak dan tidak sesuai dengan yang dipromosikan penjual.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

日本の大衆文化の一つとして、コスプレは大影響を持って、個人的だけでなく、群集的に愛されて、既に趣味になる。コスプレというのは普通の衣装を着るだけではなく、消費行動の影響のかのせいもある. この研究は筆者は、可愛い文化の影響と「コスキマラン」の可愛い文化についての消費行動の長所と短所の説明をまとめるためである。 この論文は、スマルトノの消費行動の理論から使った研究である。スマルトノは消費行動の症状は贅沢や過大な生活から点にして、欲望の満足するため、全ての高価ものと満足度になる効果を使う自然である。。 アンケートは13人に答えられた。この論文の結果は長所と短所がいくつか見つかった:。長所:(1)可愛いコスプレをするともっと好まれる。(2)趣味でお金を稼げること。使った可愛い商品を借りたり売ったりすることができる。(3)可愛い商品は長期投資になることができる。短所:(1)回答者がオンラインショップにハマること。(2)好き過ぎて、生活に必要がない物を買い過ぎる。(3)買ったものが届いた時に壊れたり販売者に説明された商品と違ったりすること。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/25/051908547
Uncontrolled Keywords: Cosplay , komunitas Cosplay Cosuki Malang. Perilaku konsumtif, budaya produk kawaii.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174926
Text
Meta Sari.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item