Perubahan Struktural dan Pergeseran Pesan Moral Dalam Ekranisasi Dongeng Raiponce Karya Grimm ke Film Animasi Raiponce Produksi Disney

Putri, Eunike Prisintya (2019) Perubahan Struktural dan Pergeseran Pesan Moral Dalam Ekranisasi Dongeng Raiponce Karya Grimm ke Film Animasi Raiponce Produksi Disney. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dongeng merupakan sebuah karya sastra yang hidup hingga saat ini. Dalam perkembangannya, banyak dongeng-dongeng yang telah bertransformasi menjadi bentuk karya yang berbeda. Salah satunya adalah dongeng Raiponce karya Grimm yang dialih-wahanakan menjadi sebuah film dengan judul yang sama. Proses ini lebih dikenal dengan istilah ekranisasi. Dalam proses ekranisasi, sebuah karya akan mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi setelah proses ekranisasi dongeng Raiponce karya Grimm ke film animasi Raiponce yang diproduksi oleh Disney, dan pergeseran pesan moral yang ada. Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme otonom dan teori ekranisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat perubahan penciutan pada unsur latar, perubahan penambahan pada unsur tokoh, dan perubahan bervariasi pada unsur penokohan, unsur latar dan unsur alur. Perubahan struktural tersebut menghasilkan pergeseran pesan moral yang terjadi pada aspek kasih sayang orang tua, pengorbanan, dan cinta. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat membahas tentang proses pembentukan karakter tokoh utama Raiponce berdasarkan pendekatan psikologis. Hal ini didasarkan pada kepribadian tokoh Raiponce yang kuat walaupun dalam hidupnya memiliki banyak tantangan.

English Abstract

-

Other obstract

Le conte de fée est une oeuvre littéraire qui existe encore aujourd’hui. Au cours de son développement, il y a eu beaucoup de conte qui se sont transformés en différentes formes d’oeuvre. L'un d'eux est le conte de fées Raiponce de Grimm, qui est devenu un film du même nom. Ce processus est mieux connu sous le nom d’écranisation. Dans l’écranisation, une oeuvre va changer. Cette analyse vise à trouver les changements qui se produisent après le processus d'écranisation du conte de fées Raiponce des frères Grimm au film d'animation Raiponce produit par les studios Disney, avec un changement du message moral. Cette recherche utilise la théorie de structuralisme autonome et la théorie d’écranisation. Le type de recherche est descriptive qualitative. Les résultats de cette recherche montrent qu’il y a les changements structurells, y inclus : la réduction de fond, les ajouts de personnages et les changements variés sur la caractérisation, le fond, et l’histoire. Ces changements structurels ont produit les changements dans le message moral. Le chercheur suggère qu’une prochaine analyse pourrait discuter du processus de transformation des personnages de Raiponce en utilisant l'approche psychologique, en raison de la forte personnalité de Raiponce par rapport aux défis auxquels elle doit faire face.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/323/051908888
Uncontrolled Keywords: Ekranisasi, Dongeng, Film, Pesan moral
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.433 Types of presentation > 791.433 4 Animated films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:39
Last Modified: 07 Nov 2023 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174669
[thumbnail of Eunike Prisintya Putri.pdf] Text
Eunike Prisintya Putri.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item