BKG

Arianti, Ayu (2019) Penerapan Pasal 15 Peraturan Bank Indonesia Nomor: 18/16/Pbi/2016 Terhadap Kredit Pemilikan Apartemen Indent Secara Pre Project Selling (Studi di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

latar belakang pemilihan tema tersebut adalah sistem Pre Project Selling yang saat ini dilaksanakan sebenarnya dikarenakan sebagian besar pengembang menggunakan sistem Pre Project Selling dalam menjual rumah susun. Sistem Pre Project Selling adalah penjualan sebelum bangunan selesai dibangun dimana bangunan ini masih berupa gambar atau konsep. Sistem ini selalu identik dengan adanya Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), untuk membuat PPJB, harus memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun. Jika dalam persyaratan tersebut tidak terpenuhi, tentunya akan berpotensi menimbulkan sebuah kerugian bagi para pihak, khususnya pembeli. Biasanya PPJB merupakan kontrak baku yang dibuat secara sepihak oleh pengembang dan cenderung akan mengebaikan kepentingan pembeli. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang sebuah keabsahan dari PPJB. Yang khususnya menjual rumah susun. Penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologi. Bahan hukum yang diperoleh penulis dianalisis dengan menggunakan teknik deskripti kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis, sehingga memperlihatkan bahwa akibat hukumnya PPJB dikatakan sah ketika memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/295/051908414
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.08 Banks and insurance > 346.082 Banks > 346.082 175 3 Specific topics of banks (loans)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174664
Text
Ayu Arianti (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item