Ketidaklangsungan Tuturan yang Diakhiri Partikel kedo dalam Manga Gochuumon wa Usagi desu ka Karya Koi

Nahindri, Fahmi (2019) Ketidaklangsungan Tuturan yang Diakhiri Partikel kedo dalam Manga Gochuumon wa Usagi desu ka Karya Koi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada bahasa Jepang sering dijumpai kalimat yang berakhir dengan sebuah partikel dan terlihat tidak sempurna. Meskipun kalimat tersebut tidak sempurna, tetapi pesan tetap dapat tersampaikan kepada lawan tutur. Selain itu, makna yang terkandung dalam kalimat tersebut bermacam-macam. Kalimat yang diakhiri partikel itu disebut dengan iisashi bun. Penelitian ini membahas tentang jenis dan penggunaan iisashi bun yang diakhiri oleh partikel kedo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari manga berjudul Gochuumon wa Usagi desu ka karya Koi dari volume 1 sampai 7. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori yang digagas oleh Senka (2008) untuk menganalisis penggunaan partikel kedo, dan teori Shirakawa (1996) untuk menganalisis jenis iisashi bun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iisashi bun yang tergolong dalam shouryaku dan iiowari lebih dominan daripada iinokoshi. Dari data yang telah diambil, terkumpul 64 data iisashi bun yang diakhiri partikel kedo yang penggunaannya dibagi menjadi tiga, yaitu 9 data menyatakan ajakan atau permohonan, 34 data berfungsi untuk memperhalus pernyataan, dan 21 data berfungsi untuk mengambigukan pendapat pribadi. Dapat disimpulkan bahwa iisashi bun yang diakhiri oleh partikel kedo berfungsi untuk menyampaikan pesan secara tidak langsung pada lawan tutur dengan tidak memberikan kesan yang kuat agar percakapan dapat berjalan dengan baik.

English Abstract

-

Other obstract

全に見えるが、話し手の言いたいことはちゃんと聞き手に伝わる。伝える 内容も場合によって異なることもある。その接続助詞で終わる文末は言い さし文と呼ぶ。本研究は接続助詞〖けど〗で終わる言いさし文の種類と用 法を研究する。 本研究は記述的定性分析方法で行われる。データ資料はKoi 作「ご注文 はうさぎですか」の漫画を利用する。接続助詞〖けど〗で終わる言いさし 文の用法は仙卦(2008 年)説で、言いさし文の種類は白川(1996 年)説を 使って本研究を行う。 本研究で得られた成果は〖言い残し〗に対して、〖省略〗と〖言い終わ り〗が頻繁に出ることが分かった。〖けど〗の用法に関しては、データ資 料によると、合計64 つのデータが見つかり、9 つのデータは「誘い」や「申 し出」などの働きかけをする用法、34 つのデータは「断言」を和らげる用 法、そして21 つのデータは自分の意見をぼかすための曖昧的な用法と見ら れる。よって、〖けど〗で終わる言いさし文は間接的に言いたいことを言 い、それを聞き手に察してもらうことで使われる。〖言い残し〗に対して、 〖省略〗と〖言い終わり〗が頻繁に出ることが分かった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/101/051908497
Uncontrolled Keywords: sintaksis, iisashi, setsuzokujoshi
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 16:11
Last Modified: 01 Mar 2024 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174573
[thumbnail of Fahmi Nahindri.pdf] Text
Fahmi Nahindri.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item