BKG

Sinaro, Rivado Bagas (2019) Konsumsi Simulacra Idol Group Agensi AKS oleh Komunitas UB48. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Konsumsi merupakan hal yang kita lakukan sehari-hari, termasuk perilaku mengkonsumsi simulacra. Simulacra adalah kontruksi pikiran imajiner yang mewakili realitas, tanpa menghadirkan realitas secara langsung dan pikiran imajiner tersebut dianggap sebagai realitas yang sejati. Konsumsi simulacra terlihat tidak hanya pada konsumsi bahan pokok namun terlihat pada konsumsi hobi atau kegemaran atas idol group. Penulis tertarik meneliti tema ini dengan rumusan masalah berupa (1) Bagaimana bentuk simulacra yang dibuat oleh agensi AKS pada kegiatan idol group yang dikonsumsi oleh komunitas UB48? ; (2) Bagaimana bentuk simulacra idol group yang dikonsumsi oleh komunitas UB48? Untuk mengkaji rumusan masalah penulis menggunakan teori simulacra Jean P. Baudrillard. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simulacra yang dibentuk oleh agensi adalah performance dan character. Kemudian simulacra yang dibentuk oleh agensi berhasil dilakukan kepada penggemar idol group yang berada pada komunitas UB48. Hal ini dibuktikan dengan perilaku penggemar dari UB48 yang mengkonsumsi perfomance dan character idol group secara terus-menerus dan menganggap bahwa idol group sebagai realitas yang sejati yang membuat penggemar dari UB48 bersedia dan suka rela untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan idol group, serta datang ke teater dan handshake event untuk menemui idol group favoritnya.

English Abstract

-

Other Language Abstract

消費という行動は一般的な出来事である。その中シミュラークルの 消費も含まれている。シミュラークルは情報に変換されることが本物の現 実じゃなしくても現実だと思われてしまうという考え方である。シミュラ ークルの消費は主食また重大なものだけでなく趣味に関するものまたアイ ドルグループのお好みも含まれている。著者はこちらのテーマを興味を持 ち、(1)UB48 ファンクラブにたいするAKS 事務所がどのようなシミュ ラークルを作るのか?、(2)UB48 ファンクラブはどのような形態でア イドルのシミュラークルを消費しるのか?という問題を答えようとした。 問題を答えようするため、著者はジャン-ボードリヤールのシミュ ラークル理論を使用した。研究方法は定量的な記述方法を使用した。 結果、事務所が作ったシミュラークルはパフォーマンス、アイドル の性格の形態を通じて成功させた。事務所が作ったシミュラークルは UB48 ファンクラブに影響が与えられた。UB48 ファンクラブの皆さんが お好みアイドルの性格とパフォーマンスを信じ、メンバーのグッズを買い また好きなメンバーに会うため、握手イベントやアイドルの劇場へ行くこ とで証明された。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/368/051908936
Uncontrolled Keywords: Idol, Simulacra, Agensi, Konsumsi
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174423
Text
Rivado Bagas Sinaro.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item