BKG

Effendi, Yusuf (2019) Pertanggung Jawaban Pidana Terhadap Refugees Yang Melakukan Tindak Pidana Di Wilayah Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan hukum terkait pertanggung jawaban pidana refugees yang melakukan tindak pidana di Indonesia berdasrkan asas teritorial sedangkan Indonesia belum memiliki aturan khusus yang mengatur tentang refugees dan stateless person dikarenakan Indonesia belum meratifikasi atau mengadopsi Convention Of Relating To The Status Of Refugees 1951 sehingga selama ini penanganannya di kembalikan kepada UNHCR (Komisi Tinggi PBB Bidang Pengungsi). Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : Bagaimana Pertanggung Jawaban Pidana Refugees Menurut Asas Teritorial ? Penulis menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan (statue approach). Karena dalam hal ini penulis melakukan kajian terhadap kekaburan hokum dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia dalam penanganan refugees. Kemudian dilakukan teknik analisis bahan hokum menggunakan interpretasi sitematis. Hasil penelitian dengan metode tersebut, penulis memperoleh jawaban bahwa Indonesia sebagai negara penerima refugees belum meratifikasi konvensi internasional yang mengatur tentang pengungsi , sehingga Indonesia dalam kapasitasnya tidak dapatleluasa mengatur pergerakan pengungsi di Indonesia. Namun para pengungsi mampu untuk bertanggung jawab secara pidana, terhadap segala tindakan pidana yang dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan asa territorial.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/363/051908461
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 342 Constitutional and administrative law > 342.08 Jurisdiction over persons > 342.083 Citizenship and nationality
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174336
Text
Yusuf Effendi (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item