Peran Modal Sosial dalam Pengembangan Kelompok Tani Padi dan Jagung di Wilayah Agro Techno Park Universitas Brawijaya (Studi Kasus: Kelompok Tani Mekarsari di Desa JatikertoKec. Kromengan Kab. Malang)

Pandia, Lolaise Yaseva Br (2019) Peran Modal Sosial dalam Pengembangan Kelompok Tani Padi dan Jagung di Wilayah Agro Techno Park Universitas Brawijaya (Studi Kasus: Kelompok Tani Mekarsari di Desa JatikertoKec. Kromengan Kab. Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya modal sosial di antara kelompok tani akan mampu membentuk jaringan serta menopang peningkatan usaha bagi masyarakat petani di daerah pedesaan serta meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan keluarga.Anggota kelompok tani masih belum merasakan dampak dari adanya kelompok tani. Selain itu, kegiatan dalam kelompok tani hanya berlangsung setahun sekali ketika ada pertemuan saja. Pada pertemuan-pertemuan rutin hanya ketua kelompok tani saja yang aktif berpartisipasi. Kelompok tani yang terdapat di Desa Jatikerto juga masih belum memiliki norma atau aturan-aturan yang ditetapkan selama ini, sehingga anggota kelompok tani masih belum terikat dengan kelompok tani tersebut. Selain itu, tingkat partisipasi petani dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh ketua kelompok tani maupun dari pihak penyuluhan swasta/pemerintah masih rendah, sehingga mengakibatkan pengetahuan petani yang berada pada tingkat yang sama tidak mengalami perubahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan unsur-unsur Modal Sosial yang terdapat dalam Kelompok Tani di Desa Jatikerto (Partisipasi, Kepercayaan, Norma, Jaringan, Nilai, Timbal Balik). 2) Mendeskripsikan indikator perkembangan kelompok tani di Desa Jatikerto. 3) Mendeskripsikan unsur-unsur dinamika kelompok dalam kelompok tani di Desa Jatikerto. 4) Menganalisis hubungan unsur-unsur modal sosial terhadap perkembangan kelompok tani. 5) Menganalisis hubungan unsur-unsur modal sosial terhadap dinamika kelompok tani di Desa Jatikerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik non probability samplingmenggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain: 1) Unsur-unsur modal sosial yang dimiliki oleh kelompok tani Mekarsari di Desa Jatikerto secara keseluruhan mencakup semua unsur modal sosial secara umum yaitu kepercayaan, jaringan, partisipasi, norma, nilai dan timbal balik. Unsur modal sosial yang paling berperan dalam penelitian ini yaitu adalah tingkat timbal batik pada anggota kelompok tani; 2) Indikator perkembangan kelompok tani yang paling berperan dalam perkembangan kelompok tani Mekarsari di Desa Jatikerto adalah ada kerja sama dengan sumber-sumber informasi yang diperlukan dalam proses belajar mengajar.; 3) Unsur-unsur dinamika kelompok yang paling tinggi di kelompok tani Mekarsari di Desa Jatikerto yaitu kekompakan kelompok, suasana kelompok dan keefektivan kelompok.; 4) Unsur-unsur modal sosial memiliki hubungan yang lemah dengan korelasi yang searah dan berlawanan dengan perkembangan kelompok tani Mekarsari di Desa Jatikerto.; 5) Unsur-unsur modal sosial yang dimiliki oleh anggota kelompok tani Mekarsari memiliki hubungan yang lemah dengan korelasi yang searah dan berlawanan dengan dinamika kelompok tani Mekarsari.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/459/051907233
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 18 Products (Rice)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:18
Last Modified: 24 Aug 2020 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173532
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item