BKG

Wibowo, Doni Wahyu (2019) Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Tanaman Hias di CV. Yunita Flora Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

CV Yunita Flora merupakan badan usaha yang berdiri pada tahun 1982. CV Yunita Flora bergerak di bidang bisnis tanaman. Badan usaha ini menjual beraneka jenis tanaman dan perlengkapannya. CV Yunita Flora tidak luput dari persaingan bisnis tanaman hias. Dalam setahun terakhir, pendapatan perbulan CV Yunita Flora cenderung mengalami penurunan. Untuk meningkatkan pendapatan dan pembeli CV Yunita Flora, perlu dicari faktor-faktor yang mempengaruhi hal-hal tersebut. Sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi agar CV lebih diminati masyarakat. Faktor-faktor yamg digunakan dalam penelitian ini meliputi: faktor produk, faktor harga, faktor promosi, faktor tempat, faktor budaya, faktor pribadi, faktor sosial, faktor psikologi. Faktor-faktor tersebut terbagi menjadi 18 variabel. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari kuisioner. Penentuan tempat penelitian dilakukan secara purposive yaitu di CV Yunita Flora Tuban dimulai pada bulan November 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan sample linier time function yaitu jumlah sampel ditentukan berdasarkan waktu efektif yang digunakan untuk penelitian (Sari, 1993). Pada penelitian ini, digunakan analisis faktor. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor produk, tempat, promosi, budaya, dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tanaman hias di CV Yunita Flora. Sedangkan faktor harga, individu, dan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tanman hias di CV Yunita Flora. Hasil loading faktor diperoleh nilai loading factor tertinggi sebesar 0,636 yaitu faktor tempat. Hasil loading factor ini mempunyai nilai positif dan terbesar sehingga faktor ini merupakan faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Semakin tinggi nilai loading factor dari fktor tempat akan mengakibatkan peningkatan keputusan pembelian tanaman hias. CY Yunita Flora perlu memperhatikan faktor tempat tersebut. CV Yunita Flora perlu mengevaluasi pelayanan dan aksesnya. Pelayanan bisa ditingkatkan dengan cara lebih ramah kepada konsumen dan mempercepat proses jual beli. Sedangkan terbatasnya jangkauan ke lokasi bisa diantisipasi dengan menjual produk tanaman hias secara online.

English Abstract

CV Yunita Flora is a business entity established in 1982. CV Yunita Flora is engaged in the plant business. This business entity sells various types of plants and equipment. CV Yunita Flora was not spared from the competition of ornamental plants business. In the past year, CV Yunita Flora's monthly income tends to decline. To increase income and buyers of CV Yunita Flora, it is necessary to look for factors that influence these things. So that it can be used as an evaluation material so that the CV is more attractive to the public. The factors used in this study include: product factors, price factors, promotion factors, place factors, cultural factors, personal factors, social factors, psychological factors. These factors are divided into 18 variables. This study uses numerical data obtained from questionnaires. Determination of the location of the study was done intentionally / purposive, namely at CV Yunita Flora Tuban starting in November 2017. Sampling was carried out with Sample Linear Time Function, ie the number of samples was determined based on the effective time used for the study (Sari, 1993). In this study, factor analysis was used. From the results of the study, it can be seen that product, place, promotion, cultural, and psychological factors have a significant effect on purchasing decisions of ornamental plants on CV Yunita Flora. While the price, individual, and social factors did not have a significant effect on the purchasing decisions of ornamental plants on CV Yunita Flora. The results of loading factors obtained the highest loading factor value of 0.636, namely the place factor, so that this factor is the most dominant factor that influences consumer purchasing decisions. The place factor consists of 2 variables, among others: service and location affordability. CY Yunita Flora needs to pay attention and evaluate service and access. Services can be improved by being more friendly to consumers and speeding up the buying and selling process. While the limited access to the location can be anticipated by selling ornamental plant products online.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/1018/051907561
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.830 285 Market research (Computer applications)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173504
Text
Doni Wahyu Wibowo.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item