BKG

Darmawan, Ridwan (2019) Analisis Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Jasa Perbaikan Panel Pada Bengkel Body Repair SQ Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Jumlah kendaraan bermotor roda empat di Kota Malang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bengkel Body Repair SQ Malang telah menjalankan beberapa strategi untuk penjualan jasa perbaikan panel nya namun hasilnya penjualan jasa perbaikan panel dari tahun 2016 sampai tahun 2018 mengalami penurunan. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengaruh pada penjualan jasa perbaikan panel di Bengkel Body Repair SQ Malang sehingga dapat membuat strategi baru untuk penjualan perusahaan. Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada penjualan jasa perbaikan panel Bengkel Body Repair SQ. Selanjutnya, atribut faktor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE), kemudian masing-masing diberi bobot dan rating kemudian diperoleh skor untuk matriks IFE sebesar 2,96 dan skor pada matriks EFE sebesar 3,03. Selanjutnya skor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal-Eksternal dan didapatkan posisi perusahaan berada kuadran II yaitu keadaan grow and build sehingga strategi yang cocok dijalankan adalah market penetration, product development dan backward integration. Kemudian dibuat alternatif strategi untuk masing-masing tipe strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Tahap berikutnya untuk memilih strategi utama yang akan dijalankan perusahaan maka strategi-strategi yang telah didapatkan dimasukkan dalam matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang kemudian masing-masing strategi di beri skor daya tarik pada tiap atributnya dan kemudian dijumlahkan, sehingga didapatkan skor untuk strategi market penetration sebesar 5,353 lalu untuk strategi product development sebesar 4,239 dan untuk strategi backward integration sebesar 3,15. Market penetration menjadi strategi utama yang akan dijalankan perusahaan yaitu dengan melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dan billboard, kemudian bekerja sama dengan pemerintah, intansi maupun komunitas serta menjadi sponsor acara yang berikaitan dengan otomotif. Strategi berikutnya menjalin lebih banyak kerjasama dengan showroom, usaha rental mobil, dan asuransi dengan menawarkan harga khusus dan potongan harga setiap kelipatan tertentu jumlah panel yang diperbaiki. Strategi selanjutnya adalah untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan promosi-promosi yang menarik seperti diskon melalui membership dan memberikan hadiah kepada konsumen dengan pengumpulan stempel pada kartu membernya melalui lucky draw. Strategi yang terakhir adalah meningkatkan brand image dengan membuat tagline yang menarik”.

English Abstract

The number of four-wheeled vehicles in the city of Malang continues to increase every year. SQ Body Repair Workshop Malang have implemented a number of strategies for the sale of its panel repair services but the result showed that sales from 2016 to 2018 have decreased. The aim of this research is to identify and analyze the factors that influence the sales of panel repair services at SQ Body Repair Workshop Malang to improve the existing strategy. The first stage of this research is to identify the attributes of internal and external factors that affects the sale of panel repair services. Next, the factor attributes are included in the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the External Factor Evaluation (EFE) matrix and then each given a weight and rating and obtained a score for IFE matrix of 2.96 and a score on the EFE matrix of 3.03. Furthermore, the score was included in the Internal- External matrix and obtained the position of the company in the second quadrant, which indicates it is a state of grow and build so that a suitable strategy must be executed with market penetration, product development and backward integration. Then made alternative strategy for each type of strategy by using SWOT matrix. The next step is to choose the main strategy that will be run by the company, so the strategies that have been obtained are included in the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) matrix, where each strategy was given a score of attraction on each attribute and then summed up. Therefore, the score for the market penetration strategy is 5.353 and for product development strategy is 4.239 and the backward integration strategy is 3.15. The main strategy which will be executed by the company is market penetration, by doing promotional activities through social media and billboards, working with government, institutions and the community as well as sponsoring automotive-related events. The next strategy is to build more collaboration with showrooms, car rental businesses, and insurance by offering special prices and discount rates for every number of panels repaired. The next strategy is to maintain and increase consumer loyalty by providing attractive promotions such as discounts through membership and giving prizes to consumers by collecting stamp on members card through lucky draws. The last strategy is to increase brand image by making an interesting tagline.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/544/051905212
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM, Matriks Perbandingan Berpasangan. Strategy Analysis, IE Matrix, SWOT Matrix, QSPM Matrix, Pairwise Comparison Matrix.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.28 Tests, driving, maintenance, repair
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172886
Text
Ridwan Darmawan (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item