BKG

Emelia, Sisca (2019) Analisis Kepuasan Penggunaan Sistem Customs Excise Information System And Automation (Ceisa) Dalam Rangka Menigkatkan Pelayanan Kepabeanan (Studi Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perdagangan internasional dapat meningkatkan standar kehidupan di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia, menurut Databoks Indonesia berperan aktif dalam perdagangan internasional melalui kegiatan ekspor dan impor. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) adalah instansi pemerintah yang menangani kegiatan perdagangan ekspor maupun impor, DJBC merupakan instansi yang bertugas melalukan pengawasan dan pelayanan dalam kegiatan kepabeanan. Pelayanan maupun pengawasan oleh DJBC tersebut didukung dengan menerapkan suatu teknologi. Teknologi sangat berpengaruh pada seluruh organisasi terutama sumber daya manusia. Sistem informasi sangat penting untuk menunjang berbagai jenis kegiatan yang ada, dalam hal ini DJBC pada tahun 2012 sudah menggunakan sistem untuk mengawasi dan saling berintegrasi dengan kantor-kantor bea cukai lain yang disebut dengan Customs Exice Information System Automation (CEISA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Penggunaan sistem CEISA dalam rangka meningkatkan pelayanan kepabeanan yang ada di KPPBC TMP Tanjung Perak saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data model Miles and Huberman. Lokasi dalam penelitian ini adalah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem Customs Excise Information System And Automation (CEISA) di KPPBC TMP Tanjung Perak sudah sesuai dengan tujuan awal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menciptakan sistem ini yaitu untuk mempermudah pegawai juga pengguna jasa/ importir dalam rangka kegiatan ekspor dan impor serta untuk meningkatkan pelayanan kepabean, sistem CEISA mulai diterapkan pada tahun 2012. Kepuasaan Penggunaan CEISA di KPPBC TMP Tanjung Perak di kaji berdasarkan teori End User Satisfaction Computer (EUCS) yaitu Kelengkapan isi, Keakuratan Data, Tampilan/ Format, Kemudahan Pengguna, dan Ketepatan Waktu sudah dapat dikatakan baik berdasarkan indikatornya dan pengguna puas dengan sistem CEISA saat ini. Namun, dalam penerapannya sistem CEISA ini masih memiliki beberapa hambatan yaitu, sistem yang sewaktu-waktu bisa down, pengguna jasa yang masih jarang melakukan login dan refresh password portal pengguna CEISA dan adanya beberapa importir (PPJK) yang masih kesusahan dalam penggunaan CEISA itu sendiri.

English Abstract

International trade can improve living standards in developed and developing countries like Indonesia, according to Databoks Indonesia plays an active role in international trade through export and import activities. The Directorate General of Customs and Excise (DJBC) is a government agency that handles export and import trade activities, DGCE is an agency in charge of carrying out supervision and service in customs activities. Services and supervision by DJBC are supported by implementing a technology. Technology is very influential in all organizations, especially human resources. Information systems are very important to support various types of activities that exist, in this case DGCE in 2012 has used a system to monitor and integrate with other customs offices called Customs Exice Information System Automation (CEISA). The purpose of this study was to find out the satisfaction of using the CEISA system in order to improve customs services in the current Tanjung Perak KPPBC. This study uses a type of qualitative research with a descriptive approach. The analytical method used is the data analysis method model Miles and Huberman. The location in this study is the Office of Supervision and Service of Customs and Excise of the Type of Tanjung Perak Customs Surabaya. The results of this study indicate that the application of the Customs Excise Information System And Automation (CEISA) system in Tanjung Perak KPPBC is in accordance with the initial objectives of the Directorate General of Customs and Excise (DJBC) to create this system to facilitate employees as well as service users / importers in the context of export activities and imports as well as to improve customs services, the CEISA system began to be implemented in 2012. Satisfaction The use of CEISA in Tanjung Perak KPPBC TMP was reviewed based on the theory of End User Satisfaction Computer (EUCS), namely completeness of content, Data Accuracy, Display / Format, User Ease, and Timeliness can be said to be good based on the indicators and users are satisfied with the current CEISA system. However, the implementation of the CEISA system still has several obstacles, namely, the system can be down at any time, service users who still rarely log in and refresh the CEISA user portal password and the presence of several importers (PPJK) who are still troubled in using CEISA itself

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/92/051906039
Uncontrolled Keywords: Perdagangan Internasional, Sistem Informasi, Kepuasan Pengguna sistem, End User Computer Satisfaction, international Trade, Information System, System User Satisfaction, End User computer Satisfaction
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration > 352.448 Customs administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172768
Text
SISCA EMELIA (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item