Analisis Pengendalian Kredit Ritel Sebagai Salah Satu Upaya Mengantisipasi Kredit Bermasalah (Studi Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Malang Kawi)

Lidiawaty, Yanti (2019) Analisis Pengendalian Kredit Ritel Sebagai Salah Satu Upaya Mengantisipasi Kredit Bermasalah (Studi Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Malang Kawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis selalu mengharapkan keberlangsungan dan perkembangan yang memerlukan pendanaan yang tidak sedikit. Masalah pendanaan kerap kali terjadi, dan salah satu solusi yakni dengan cara meminjam dana atau melakukan kredit pada pihak yang menyediakan. Bank sebagai salah satu pihak penyedia layanan kredit dalam memberikan pinjaman uang kepada debitur menganalisis secara ketat persyaratanpersyaratan yang menjadi penentu diberikannya kredit, hal ini dilakukan karena bank menghindari kredit bermasalah dan menginginkan dana yang dipinjamkannya kembali dan Bank terhindar dari kerugian dan pembekuan operasi. Dalam memberikan kredit dibutuhkan pengendalian untuk memastikan kredit yang disalurkan tetap aman dan terhindar dari kredit bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kredit bermasalah dan rasio Non Performing Loan (NPL) dan pengendalian kredit yang Bank lakukan dalam menyalurkan kredit ini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif. Adapun unsur pengendalian yang menjadi fokus penelitian ini adalah personel yang kompeten dan dapat dipercaya, adanya pemisahan tugas, prosedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai, serta kontrol fisik aktiva dan catatan. Metode analisis dilakukan yakni dengan wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data, ditemukan hasil perhitungan NPL pada lokasi penelitian fluktuatif dan cenderung naik dalam periode yang diteliti. Unsur pengendalian sudah terlaksana namun masih terdapat kekurangan dalam pemisahan tugas yang memadai karena terdapat tumpang tindih peran dan beban debitur kepada AO yang terlalu banyak, serta kekurangan dalam unsur kontrol fisik dan aktiva saat monitoring yang kurang rutin dilakukan sehingga dapat menyebabkan kenaikan kredit bermasalah. Saran yang peneliti berikan adalah pengurangan beban debitur kepada AO sehingga dapat meningkatkan pelayanan, melakukan pemisahan tugas yang lebih jelas, dan melakukan monitoring yang lebih rutin.

English Abstract

Businesses always expect sustainability and developments that require funding. Funding problems often occur, and one of the solutions is by borrowing or making credit to those who provide them. Bank as one of the credit service providers analyzes the requirements of debitors that determine credit given, because the bank avoids non-performing loans and wants the loaned funds back so the Bank avoids losses and freezing operating. In providing credit, control is needed to ensure that the distributed loans remain safe and avoid non-performing loans. The purpose of this study is to determine the number of non performing loans and the ratio of Non Performing Loans (NPL) and credit control that the Bank does in giving these loans. The research analysis method is descriptive. The control elements which become the focus of this research are competent and trustworthy personnel, separation of duties, appropriate authorization procedures, adequate documents and records, and physical control of assets and records. The method of analysis is done by interview and documentation. After analyzing the data, it was found that the results of NPL calculations in the study locations fluctuated and tended to rise in the period under study. The control element has been implemented but there are still shortcomings in the separation of adequate duties because there are overlapping roles and too many burdens debtors' to AO, as well as deficiencies in physical control and assets during monitoring that are infrequenly so that can cause an increase of non performing loans. Suggestions that researchers provide are a reduction in the burden of debtors to AO so that they can improve services, make clearer segregation of duties, and conduct more routine monitoring.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/139/051906086
Uncontrolled Keywords: kredit, NPL, pengendalian, credit, NPL, control
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.8 Public administration of financial institutions, money, credit
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Nov 2020 01:19
Last Modified: 28 Oct 2021 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172415
[thumbnail of YANTI LIDIAWATY (2).pdf]
Preview
Text
YANTI LIDIAWATY (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item