BKG

Siregar, Zakiah Novierlinda (2019) Strategi Peningkatan Penjualan Produk Kantong Plastik Dengan Mengintegrasikan Analisis SWOT dan Metode AHP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PT. Flamboyan Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi Kantung Plastik yang berada di Karangploso kota Malang. Dalam penjualan produk PT. Flamboyan Jaya belum bisa mencapai target penjualan seperti yang diharapkan oleh perusahaan, yang disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana cara meningkatkan penjualan produk kantong plastik PT. Flamboyan Jaya. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan strategi peningkatan penjualan pada perusahaan agar bisa melakukan penjualan sesuai dengan target perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang merupakan sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi strength, weakness, opportunities, dan treaths terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha dan metode AHP merupakansalah satu model pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah kompleks tidak terstruktur dimana data bersifat kualitatif yang didasarkan atas persepsi, pengalaman, dan instusi saja. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada analisis SWOT ada 5 kekuatan dan 5 kelemahan dalam analisis lingkungan Internal dan ada 5 peluang dan 4 ancaman dalam analisis lingkungan eksternal yang akan dilakukan perhitungan dengan metode AHP dan mendapatkan hasil ada 7 alternatif yang didapatkan pada analisis SWOT dan pada matriks IE didapatkan pada kuadran V Hold and Maintain (Menjaga dan Mempertahankan).

English Abstract

PT. Flamboyan Jaya is a company that manufactures Plastic Bags located in Karangploso, Malang. product sales of PT. Flamboyan Jaya has not been able to reach the sales target as expected by the company, which is caused by internal factors and external factors of the company.This research focuses on how to increase the sales of PT. Flamboyan Jaya. Therefore it is necessary to plan a sales strategy to achieve the sales target of the company. This study uses the SWOT analysis method which is a strategic planning method used to evaluate strengths, weaknesses, opportunities, and treatments involved in a project or in business ventures and the AHP method is a model of decision making in solving complex unstructured problems where data is qualitative and based on perception, experience, and instinct. This study shows that in the SWOT analysis there are 5 strengths and 5 weaknesses in the analysis of the Internal environment and there are 5 opportunities and 4 threats in the analysis of external environment which will be calculated using the AHP method and there are 7 alternatives obtained in the SWOT analysis and on the IE matrix obtained in the V Hold and Maintain quadrant (Protect and Maintain).

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/362/051904958
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Metode AHP, Matriks Internal Eksternal (IE), SWOT Analysis, AHP Method, Internal External Matrix (IE)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.830 285 Market research (Computer applications)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172170
Text
Zakiah Novierlinda Siregar (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item