BKG

Siregar, Hosea Scarlet Haholongan (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan Multimedia Smk Nasional Malang Dengan Menggunakan Model Apped. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

SMK Nasional merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Malang. Salah satu misi dari SMK Nasional adalah menghasilkan lulusan yang berwawasan global, siap kerja, berdaya saing, menguasai teknologi informasi dan terampil dalam bidang teknologi. Namun, berdasarkan hasil pengumpulan data di SMK Nasional Malang saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), di sekolah ini belum mengembangkan modul atau media pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Sehingga solusi pada permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan model APPED dengan tahapan analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, dan diseminasi. Hasil evaluasi dari mulai ongoing evaluation dengan tiga aspek penilaian tertentu sudah bekerja semua dengan baik. Lalu hasil dari alpha testing bernilai 83.5% oleh ahli materi, 72.5% oleh ahli media. Setelah itu hasil dari beta testing adalah 85% oleh respon siswa. Untuk diseminasinya di lakukan eksperimen pre-test dan post-test. Dengan rata-rata nilai pre-test adalah 54, dan rata-rata nilai posttestnya adalah 87, yang berarti ada peningkatan nilai sebelum dan sesudah multimedia pembelajaran interaktif tersebut diujikan. Untuk uji normalitas pada pre-test adalah 0,27, post-test bernilai 0,33. Semua nilai uji normalitasnya lebih dari 0,05 sehingga distribusinya normal. Untuk uji t bernilai 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Sehingga untuk uji t, ada perbedaan rata-rata nilai antara hasil pre-test dan post-test. Dari semua validasi dan uji yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif(MPI) ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

English Abstract

National Vocational High School is one of the private schools in Malang. One of the missions of the National Vocational School is to produce graduates who are global-minded, ready to work, competitive, master information technology and skilled in technology. However, based on the data from the research, National Vocational High School of Malang during Field Experience Practices this school has not yet developed modules or media on Basic Programming subjects So the solution to these problems is to develop interactive learning multimedia with the APPED model with the initial stages of analysis and research, design, production, evaluation, and dissemination. The results of the evaluation begin with an ongoing evaluation with three aspects of certain assessments and everything is valid. Then the results of alpha testing are 83.5% by material experts, 72.5% by media experts. After that, the results of beta testing are 85% by student responses. For the dissemination, pre-test and post-test experiments were conducted. The average pre-test score is 54, and the average post-test score is 87, which means that there is an increase in scores before and after the interactive learning multimedia is tested. For the normality test in the pre-test is 0.27, the post-test is worth 0.33. All normality test values are more than 0.05 so the distribution is normal. For the t test it is 0,000 which means it is less than 0.05. So for the t test, there is a difference in the average value between the results of the pre-test and post-test. From all validations and tests conducted, it can be concluded that Interactive Multimedia Learning (MPI) is feasible to use in the learning process.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/479/051905862
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, pemrograman dasar, pendidikan kejuruan, interactive multimedia learning, basic programming, vocational education.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.433 71 Systems programs (Education)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172108
Text
Hosea Scarlet Haholongan Siregar (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item