BKG

Ghofur, Mochammad Abdul (2019) Analisis Pengereman dan Proteksi Motor Induksi Tiga Fasa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada industri, motor induksi digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk mengoperasikan peralatan-peralatan yang bergerak, seperti konveyor. Pada Laboratorium Mesin Elektrik FT-UB praktikum Mesin Elektrik hanya membahas tentang starting dan penentuan parameter motor induksi tiga fasa. Sedangkan selain permasalahan starting, pengereman dan proteksi merupakan permasalahan penting dalam pengoperasian motor induksi tiga fasa. Solusi yang dilakukan adalah membuat modul simulator tentang pengereman dan proteksi motor induksi tiga fasa dari alat keluaran Hampden Engineering Corporation model ACC-100FT yang nantinya mampu menambah bab pada praktikum mesin elektrik. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini mampu menambah pengetahuan tentang praktik pengoperasian mengenai motor induksi tiga fasa. Hasil yang didapatkan adalah pada pengereman metode plugging berbeban, kopel beban mekanik terkecil dari pengujian yang bernilai 0,629 Nm menghasilkan arus pengereman sebesar 10 A dan waktu pengereman selama 0,407 detik, sedangkan kopel beban mekanik terbesar yang bernilai 1,031 Nm menghasilkan arus pengereman sebesar 5,2 A dan waktu pengereman selama 0,348 detik. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin besar kopel beban mekanik maka arus pengereman yang dihasilkan semakin kecil serta waktu yang dibutuhkan motor untuk berhenti semakin cepat baik dengan pengereman maupun tanpa pengereman. Sedangkan pada pengereman metode plugging tanpa beban besar arus pengereman dan waktu pengereman lebih kecil dibandingkan pengereman metode plugging berbeban. Pada pengereman metode dinamik, arus pengereman terbesar yang bernilai 0,35 A akan menghasilkan waktu pengereman selama 6,662 detik, sedangkan arus pengereman terkecil yang bernilai 0,28 A menghasilkan waktu pengereman selama 8.228 detik. Selain itu, kopel beban mekanik terkecil dari pengujian yang bernilai 0,619 Nm menghasilkan waktu pengereman tanpa pengereman selama 4,291 detik dan dengan pengereman selama 3,030 detik, sedangkan kopel beban mekanik terbesar yang bernilai 1,001 Nm menghasilkan waktu pengereman tanpa pengereman selama 2,140 detik dan dengan pengereman selama 1,748 detik. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin besar nilai arus injeksi dc maka waktu pengereman yang dihasilkan akan semakin cepat. Begitu juga semakin besar kopel beban mekanik maka waktu pengereman yang dihasilkan juga akan semakin cepat. Pada pengujian proteksi overload motor induksi tiga fasa semakin besar arus overload, maka waktu trip TOR akan semakin cepat.

English Abstract

In industry, the induction motor is used for various purposes, mainly to operate the equipment moves, such as conveyors. In the Electrical Machine Laboratory FT-UB, Electrical machine practicum just talking about the starting and the determination of the three-phase induction motor parameters. Meanwhile, in addition to problems of starting, braking and protection is an important issue in the operation of three phase induction motor. A solution that does is make the simulator module on braking and protection of three phase induction motors of the output devices Hampden Engineering Corporation ACC-100ft models that will be able to add a chapter on practical electric engine. So that the expected results of this research can increase knowledge about the operating practices of the three-phase induction motor. The results obtained are in braking the load plugging method, the smallest coupling of mechanical load from the test worth 0.629 Nm produces a braking current of 10 A and braking time of 0.407 seconds, while the largest mechanical load coupling worth 1.031 Nm produces a braking current of 5.2 A and braking time for 0.348 seconds. This shows that the greater the mechanical load coupling the resulting braking current is smaller and the time needed for the motor to stop faster both with braking and without braking. Whereas the braking method of plugging without a large load of braking current and braking time is smaller than the braking method of the plugging method. In braking the dynamic method, the largest braking current with a value of 0.35 A will result in braking time of 6.662 seconds, while the smallest braking current of 0.28 A produces a braking time of 8.228 seconds. In addition, the smallest coupling of mechanical load from the test which is 0.619 Nm produces braking time without braking for 4.291 seconds and with braking for 3.030 seconds, while the largest mechanical load coupling worth 1.001 Nm produces braking time without braking for 2.140 seconds and with braking for 1.748 seconds. This shows that the greater the value of dc injection current, the braking time produced will be faster. Likewise, the greater the mechanical load coupling, the braking time produced will also be faster. In testing the overload protection of three phase induction motors greater overload currents, the TOR trip time will be faster.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/738/051906598
Uncontrolled Keywords: motor induksi, pengereman, proteksi. induction motors, braking, protection
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering > 621.812 Power and speed control devices
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171928
Text
Mochammad Abdul Ghofur (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item