BKG

Fauzi, Muhammad (2019) Implementasi Arsitektur Publish Subscibe Pada Constrained Application Protocol (COAP)Di Lingkungan Internet Of Things(IOT). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat implementasi Internet-of-Things (loT) semakin sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan loT adalah kemampuan untuk mendukung perangkat yang memiliki keterbatasan dan Constrained Application Protocol (CoAP) dibuat untuk mengakomodasi permasalahan tersebut. CoAP menggunakan arsitektur client/server yang melayani request dan memberikan respond data yang diminta oleh pengguna. Hal ini menimbulkan masalah ketika client mengakses resource yang sama secara bersamaan. Situasi ini berdampak pada workflow yang tidak efisien karena harus melakukan permintaan data yang sama untuk seluruh client yang membutuhkan data tersebut. Aktivitas tersebut dapat mengganggu kinerja node server yang notabenenya perangkat dengan keterbatasan, serta menggangu transaksi data pada jaringan CoAP. Maka dari itu, diajukanlah solusi dengan mengimplementasikan arsitektur publish/subscribe pada CoAP di lingkungan loT. Sistem menggunakan broker yang menjadi jembatan antara publisher dan subscriber, serta pusat data selama transaksi data berlangsung. Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa sistem telah dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan fungsionalnya, dan sistem telah mampu menjalankan skenario uji skalabilitas hingga 250 user dengan error rate 0% dan memiliki rata-rata nilai latency 74.5% lebih kecil serta efisiensi overhead 45.4% lebih baik daripada CoAP konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, sistem ini dapat menjadi solusi dari permasalahan pada lingkungan loT yang memiliki keterbatasan.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/270/051905588
Uncontrolled Keywords: Internet-of-Things, publish, subscribe, CoAP, broker
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research > 001.42 Research methods
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171853
Text
Muhammad Fauzi.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item