BKG

Jaelani, Abdul Kadir (2019) Pengaruh Side Lighting Kantor Terhadap Kenyamanan Visual (Studi Kasus Ruang Kerja Kantor Spazio Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Belakangan ini perancangan pencahayaan hanya dilihat dan segi fungsi semata, namun dari segi kualitas cahaya juga dapat dimanfaatkan. Surabaya adalah salah satu kota berkembang yang sudah mulai menerapkan bangunan dengan konsep yang bersahabat dengan alam, salah satunya adalah Spazio Intiland Surabaya. Bangunan dengan jumlah lantai 11 ini memiliki bukaan cahaya sebesar 40% - 50% dari ukuran dinding ruangannya. Spazio Surabaya berada di daerah Graha Famili bersebelahan dengan bangunan sekolah SMA Kristen dibagian barat, dibagian timur terdapat Spazio Terrace, kemudian diarah utara terdapat mix use building yaitu Supermal Pakuwon, dan yang terakhir terdapat Perumahan Bukit Darmo Golf Ukuran bukaan dan ruangan yang akan diteliti memiliki Windows-Wall Ratio (WWR) 40% - 50%. Namun, dari standar yang di tetapkan oleh SNI yaitu, standar pencahayaan ruangan kerja kantor adalah 350 Lux tidak sebanding dengan yang ada di ruang kerja Spazio Surabaya. Hasil yang di ambil dengan alat ukur dialux memberikan hasil yang melebihi standar pencahayaan di dalam ruang kerja dengan kenyamanan yang masih jauh dari angka 78% zona nyaman ruangan. Hasil tersebut terjadi karena kurang meratanya cahaya alami yang ada di dalam ruangan kerja dan terdapat faktor — faktor lainnya termasuk penataan interior, dimensi material dan warna material. Dalam rekomendasi yang dilakukan menghasilkan kenyamanan yang sudah memenuhi standar 78%, dengan rata — rata 81% dari 12 ruangan yang diteliti. Terdapat tiga tahap rekomendasi desain yang dilakukan, yang pertama adalah penambahan material kaca film yang berukuran 0,5 m x 1 m yang dipasang dibagian teratas dimensi jendela ruangan, kemudian yang kedua perubahan overhang yang mengikuti SBH dan SBV di koordinat bangunan Spazio Surabaya guna mengurangi intensitas cahaya yang berlebih dibagian depan jendela ruangan, yang terakhir yaitu tahap ketiga menambah light shelf sebagai strategi guna memancarkan cahaya kedalam ruangan kerja. Dengan tahap — tahap tersebut diharapkan dapat menambah kenyamanan visual ruangan kerja kantor Spazio Surabaya.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/255/051904714
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan Alami, Ruang Kerja, Kenyamanan Visual
Subjects: 700 The Arts > 729 Design and decoration of structures and accessories > 729.2 Design in horizontal plane > 729.28 Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171842
Text
Abdul Kadir Jaelani.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item