BKG

Abadi, Ferdi (2019) Implementasi Sistem Pelayanan Pengaduan Terpadu Daring “Sambat Online” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi kebijakan pelayanan pengaduan terpadu “sambat online” di Kota Malang. Program “sambat online” merupakan seubah aplikasi yang digagas oleh dinas komunikasi dan informatika. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah warga Kota Malang untuk melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan birokrasi dan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah Kota dan Perusahaan swasta yang berada di Kota malang. Program ini sudah mulai diimplementasikan sejak tahun 2016 berdasarkan peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2010 tentang pelayanan pengaduan masyarakat di lingkungan pemerintah kota malang. Dalam kurun waktu empat tahun program ini sudah mendapatkan beberapa penghargaan dari kementerian PAN-RB atas inovasi di bidang pelayanan publik. Sedangkan data rekapitulasi pengaduan melalui aplikasi sambat online pada bulan januari hingga februari 2019 ada pada kisaran 20 saja dan yang terselesaikan hanya 8 pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dari aplikasi sambat online kota malang. Metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif dimana dalam pengambilan data menggunakan metode wawancara sebagai data primer dan dokumen-dokumen sebagai data sekunder. Terdapat 8 informan dalam penelitian dimana 4 informan merupakan aktor penyedia pelayanan aplikasi pengaduan, 1 informan merupakan LSM sebagai pembanding dan pengawas dalam kebijakan publik, sisanya merupakan masyarakat pengguna aplikasi sambat online kota malang. Hasil penelitian ini adalah impementasi dari aplikasi sambat online sudahkah efektif, efisien dan masyarakat merasa terlayani dengan baik dan benar atas adanya kebijakan pelayanan pengaduan terpadu sambat online kota malang.

English Abstract

This research discusses the implementation of the integrated complaint Service policy "online Sambat" in Malang. The "online Sambat" Program is a change of application initiated by the Communication and informatics service. This application is made to facilitate residents of Malang city to report matters relating to bureaucracy and public services conducted by the municipal government and private companies located in Malang City. This Program has been implemented since the year 2016 based on Malang Mayor Regulation No. 19 year 2010 about public complaints service in poor city government environment. Within four years the program has gained several awards from ministry of Bureaucracy reform Innovation in the field of public service While data recapitulation of complaints through online Sambat application in January to February 2019 there in the range of 20 only and completed only 8 complaints. This research aims to analyze the implementation of the application of “sambat online” Malang city. Its research method uses qualitative methods in which data retrieval uses the interview method as primary data and documents as secondary data. There are 8 informant in the research where 4 informant is an actor service provider of complaints application, 1 informant is an NGO as a comparator and supervisor in public policy, the rest is a community user application “sambat online Malang City. The result of this research is the the of online Sambat application has effective, efficient and the community feel well served and true to the policy of integrated complaint service “ Sambat Online” Malang City

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/527/051905358
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Aplikasi, Pengaduan Daring, Kota Malang, implementation, policy, application, online complaint, Malang City
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171047
Text
Ferdi Abadi (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item