BKG

Yusman, Rahmanita (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Pada Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kualitas pelayanan dokter merupakan suatu bentuk pelayanan yang diberikan pihak penyedia layanan, dalam hal ini rumah sakit, dengan kualitas pelayanan dokter akan berdampak pada loyalitas dan juga kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dokter terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien pada instalasi rawat inap di Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analitik observational menggunakan pendekatan cross sectional. Sampelnya adalah pasien yang sedang rawat inap di RSUI Madinah Kasembon minimal 2 hari, yaitu sebanyak 100 orang. Analisa data menggunakan partial least Square (PLS). Pengujian hipotesis menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dokter positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, begitu juga dengan kualitas pelayanan dokter terhadap loyalitas pasien, dan kepuasan pasien juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Kualitas pelayanan dokter juga berpengaruh secara positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak lanngsung terhadap kepuasan dan loyalitas pasien, namun memiliki nilai yang lebih tinggi kualitas pelayanan dokter terhadap loyalitas apabila melalui kepuasan pasien terlebih dahulu.

English Abstract

Doctor’s quality service is a form of service provided by the service provider. in this case, hospitals with doctor’s quality service will have an impact on loyalty and patient satisfaction. The purpose of this research is to determine the effect of doctor’s quality service on patient satisfaction and patient loyalty in inpatient installation at RSUI Madinah Kasembon. This research uses quantitative methods with observational analytics using cross sectional approach. The sample was the patient who were hospitalized at RSUI Madinah kasembon at least 2 days consisted of 100 people. Data were analyzed using partial least Square. Hypothesis testing shows that the effect of doctor’s quality service is positive and significant on patient satisfaction. as well as doctor’s quality service on patient loyalty, patient satisfaction has an positive effect and significant on loyalty. The quality of the physician service also has an positive effect and significant both directly and indirectly on patient satisfaction and loyalty, but has a higher value in doctor’s quality service on loyalty if through patient satisfaction first.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.11/YUS/p/041803745
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL CARE
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.11 Hospitals and related institutions
Divisions: S2 / S3 > Doktor Ilmu Kedokteran, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171016
Text
Rahmanita Yusman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item